Sablon Kaos Jakarta: Perbedaan Sablon Rubber dan Sablon Plastisol

Bagi yang ingin membuka usaha, atau bagi yang ingin membeli banyak kaos, seragam atau bahkan kaos dengan desain sendiri yang berlokasi di Jakarta, Anda tentu bisa langsung datang ke sablon kaos Jakarta.  Namun lebih baik lagi jika Anda juga ikut memahami jenis-jenis sablon kaos berkualitas. 

Awalnya sablon memang hanya terdiri dari satu jenis saja dan juga dilakukan manual namun sekarang sudah ada beberapa jenis sablon mengikuti perkembangan era digital yang canggih sehingga jenisnya juga lebih banyak sesuai dengan permintaan pelanggan. 

Memang banyak jenis sablon yang ditawarkan namun biasanya jenis sablon karet dan sablon plastisol adalah yang paling sering digunakan. Namun masih ada yang bingung perbedaan dari kedua jenis sablon ini. Agar tidak salah memilih sablon maka akan dibahas mengenai kelebihan dan kekurangan dua jenis sablon ini. 

sablon kaos jakarta

Sablon Karet

Sablon karet atau sablon rubber adalah salah satu proses yang sering digunakan untuk sablon maupun percetakan. Karet juga termasuk jenis sablon favorit bagi para konsumen. Rubber adalah jenis atau bahan sablon yang terbuat dari bahan karet yang memiliki keunggulan yaitu tingkat elastisitas dan kerapatan yang tinggi. Bahan karet juga fleksibel, beberapa bisa disetrika, dan juga lebih tahan lama.

Karet juga masih terbagi menjadi beberapa jenis tinta sehingga sebaiknya tanyakan ini terlebih dahulu kepada penyedia jasa sablon. Meskipun memang merupakan favorit masyarakat, tentu sablon karet juga memiliki kekurangan yang harus diketahui terlebih dahulu. 

Kelebihan sablon karet yaitu tinta yang digunakan untuk dicetak di kaos polos umumnya aman untuk disetrika. Karena merupakan bahan karet atau karet, sablon jenis ini memiliki fleksibilitas yang tinggi. Tinta karet tidak bisa menutup pori-pori kain dengan sempurna, sehingga saat dikeringkan, udara masih akan menembus permukaan karet sehingga mudah kering dan juga baju akan tetap terasa sejuk saat digunakan.

Tinta karet biasanya termasuk tinta yang berbahan dasar air, sehingga meskipun masih basah, permukaan sablon akan bisa dengan mudah dibersihkan dari air hanya dengan dilap saja atau juga mudah dibersihkan dari kotoran yang menempel tanpa harus digosok. Tinta karet ini juga cepat kering sehingga tidak perlu waktu yang lama untuk menunggu hingga tinta kering. 

Pembeli juga tidak ragu untuk memilih sablon karet karena harganya yang relatif terjangkau dan ekonomis. Proses produksi sablon kaos Jakarta dengan karet juga cepat dan mudah sehingga pelanggan tidak harus menunggu lama. Namun ada yang juga menjualnya dengan harga yang lebih mahal hanya saja kualitas tinta yang digunakan biasanya lebih baik. 

Kekurangan sablon karet yaitu tinta akan menyebabkan kerak dan menghasilkan limbah yang lebih banyak. Karena tinta karet jenis ini cepat kering pada saat proses produksi, maka jika akan diproduksi secara masal terkadang terjadi masalah. Terkadang, melepas layar dari kotak tinta karet dapat menghalangi lubang layar. Tinta karet inferior biasanya sulit digunakan pada kemeja dalam waktu lama karena keras, tetapi dapat diolah dengan tinta karet berkualitas tinggi dan teruji.

Sablon Plastisol

Sablon plastisol menggunakan bahan tinta yang terbuat dari minyak, plastik, dan bahan kimia. Keunikan yang dimiliki oleh tinta jenis ini yaitu tinta ini tidak mudah mengering di layar. Sablon plastisol juga memiliki keunggulan lainnya yang sering menjadi alasan pelanggan menyukai sablon plastisol. 

Kelebihan sablon plastisol yaitu jenis sablon ini memiliki daya tahan yang tinggi meskipun telah dilakukan pencucian berulang namun tetap tidak mudah rusak dan kondisi sablon masih akan tetap baik. Tinta yang digunakan juga tetap kuat menempel pada kain. 

Meski hanya berupa selembar kertas, sablon bisa menghasilkan warna-warna yang lebih cerah. Selain itu, plastisol menghasilkan limbah yang sangat sedikit karena tidak mudah kering, sehingga sisa tinta yang terplastis dapat dimasukkan ke dalam wadah dan disimpan kembali.

Meskipun memiliki keunggulan, sablon plastisol juga memiliki kekurangannya sendiri. Selama proses produksi, perlu adanya alat khusus yang cukup untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, seperti curing agar lebih cepat kering dan mempercepat proses sablon. 

Berbeda dengan sablon karet, sablon plastisol menyumbat pori-pori kain sehingga akan sulit untuk dilalui udara. Tinta ini juga tidak terlalu disarankan bagi pelanggan yang ingin hasil yang cepat karena membutuhkan proses pengeringan yang lama. Perawatan kaos yang dicetak dengan sablon plastisol membutuhkan ketelitian ekstra dan biaya tambahan, misalnya area sablon yang tertera pada plastik screen jangan sampai terkena besi karena akan meleleh dan lengket.

Setelah mengetahui masing-masing kekurangan dan kelebihan sablon karet dan sablon plastisol, tentu Anda akan lebih mudah memilih sablon mana yang harus dipesan sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa melakukan pemesanan sablon kaos Jakarta di Abyad Apparel Pro jika ingin hasil kaos sablon berkualitas tinggi. Abyad Apparel Pro berlokasi di Tangerang Selatan dan juga bisa produksi kaos, hoodie, konvas dll. 

Deskripsi : sablon kaos Jakarta yang sering dipesan pelanggan yaitu sablon plastisol dan sablon rubber dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *