Upaya Pemerintah Dalam Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi

Menggenjot Tingkat Ekspor

Selain investasi tingkat ekspor yang tinggi juga akan sangat penting untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Dalam hal ini, Indonesia memang masih sangat kurang. Memang benar ada aktivitas ekspor yang dilakukan oleh negara, tetapi ekspor yang dilakukan sebagian besar adalah mengekspor bahan mentah. Lalu, setelah bahan mentah itu berhasil diolah oleh industri luar, negara mengimpornya kembali.

Untuk bisa menaikkan pertumbuhan ekonomi, Indonesia memang harus meningkatkan ekspor. Bukan lagi mengekspor sumber bahan mentah, tetapi lebih memprioritaskan barang-barang siap pakai untuk diekspor ke luar negeri. Ada banyak sekali produk yang dihasilkan oleh masyarakat yang sebenarnya sangat mungkin bersaing di pasar internasional. Pemerintah pusat harus meningkatkan kerja sama dengan pemerintah daerah untuk mendukung para pegiat UMKM. Pasti ada banyak UMKM yang sebenarnya berpotensi untuk Go internasional, tetapi kurang didukung oleh pemerintah.

Memperbaiki Infrastruktur

Infrastruktur yang jelek akan mempengaruhi daya tarik investasi masuk ke Indonesia. Ketika melakukan investasi, para investor tentu harus punya akses untuk datang ke Indonesia, terutama ke daerah yang membutuhkan penanaman modal tersebut. Jika akses ke daerah terganggu, tentu saja proses investasi juga terganggu.

Memperbaiki Kualitas Internet

Ada banyak sekali UMKM di Indonesia yang berpotensi untuk menjadi lebih besar. Pemerintah mungkin juga sudah berkali-kali mesosialisasikan program-program untuk UMKM supaya bisa lebih maju. Akan tetapi, kualitas internet yang kurang baik mungkin menjadi salah satu kendala masyarakat dalam mengakses informasi. Untuk itu, perbaikan di bidang teknologi informasi juga harus diperhatikan.

Masyarakat yang ingin akses internet yang lebih cepat bisa menggunakan #Super4GKuota dari Smartfren. #KuotakanSuaramu menggunakan layanan paket internet dengan kualitas super cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *