Tradisi Malta yang Unik

Malta adalah pulau tradisi, yang masing-masing berasal dari sejarahnya yang indah. Di sini, ‘tradisi’ diambil untuk memasukkan beberapa aspek seperti kerajinan, makanan dan musik – yang masih ada di kepulauan Maltese. Baru-baru ini, upaya baru telah disuntikkan ke dalam kebangkitan dan perlindungan tradisi Malta tertentu sekarat seperti pembuatan renda; bukan hanya karena mereka memberikan suvenir yang bagus untuk wisatawan yang mengunjungi Malta, tetapi karena nilai-nilai budaya dan artistik mereka.

Kerajinan Tangan di Malta

Tradisi kerajinan paling kuno di Malta, berakar kuat di zaman prasejarah, adalah pembuatan tembikar. Seperti dapat dilihat dari beberapa patung-patung Kuil Tarxien yang indah (mengunjungi Kuil Tarxien, Saflieni Hypogeum dan Museum Arkeologi Nasional), tembikar Lima Souvenir Terbaik selalu merupakan bentuk penting dari ekspresi diri. Saat ini, kerajinan gerabah masih jelas, dengan tips liburan keluarga salah satu yang paling populer adalah yang dari ‘pasturi’, patung-patung yang mengisi Boks Natal. ‘Pasturi’ Italia impor pertama sangat mahal dan kebanyakan orang tidak mampu membelinya. Akibatnya, penduduk setempat mulai membuat ‘pasturi’ mereka sendiri dari tanah liat dan plester. Ini menjadi sangat populer sehingga saat ini setiap pameran Natal boks buatan tangan dan ‘pasturi’ ditampilkan untuk umum.

Meskipun relatif modern, meniup kaca di Malta adalah teknik kuno yang menemukan jalannya ke kepulauan Malta selama periode Fenisia sekitar 3000 tahun yang lalu. Ini sepenuhnya ditiupkan mulut dan buatan tangan, seperti di masa lalu, dan banyak dari barang pecah belah hari ini adalah jenis kaca Malta asli dengan warna-warna Mediterania yang kuat. Proses rumit dimulai dengan manik-manik multi-warna, yang ditiup ke dalam bentuk apa pun. Kaca bening kemudian ditempatkan di sekitar kaca berwarna dan bentuk diberikan untuk membentuk desain tertentu.

Kerajinan lain, yang berkembang terutama di bawah Ksatria, adalah emas dan perak. Produksi paling berharga Malta adalah kerawang dan perhiasan. Ini masih merupakan tradisi yang berkembang, karya yang sering diekspor ke kota-kota besar di luar negeri. Kota-kota seperti ibu kota kami, Valletta, penuh dengan perhiasan lokal, yang semuanya menyediakan berbagai ciptaan pouch kosmetik custom tradisional Malta, serta modern.

Sejak zaman Ksatria, kehidupan di Gozo serta daerah pedesaan Malta relatif keras. Jadi industri kerajinan menjadi sumber pendapatan utama bagi keluarga pedesaan, yaitu bordir, tenun, dan pembuatan renda. Renda tradisional dikenal sebagai ‘bizzilla’ dan kerajinan ini diperkenalkan ke Malta oleh Knights of St. John. Itu disebut renda gelendong dan sangat populer untuk ruffs dan kerah di abad 16 dan 17. Renda gelendong Maltese dibuat dengan sejumlah benang yang dililit pada spul kayu atau spul kayu. Sebuah bantal panjang khusus yang disebut ‘trajbu’ digunakan sebagai dasar untuk pembuatan renda. Semua produk kerajinan tersebut mudah diperoleh di sebagian besar toko suvenir di sekitar pulau, tetapi kunjungan ke Desa Kerajinan Ta ‘Qali akan memastikan pemahaman yang sangat baik tentang semua tradisi kerajinan Malta,

Hiburan Tradisional di sekitar Malta

Musik rakyat sangat kuat di banyak negara Mediterania dan Malta tidak terkecuali. ‘Ghanja’, yang berarti ‘lagu’, adalah musik tradisional Malta dan terdengar seperti sesuatu antara balada Sisilia dan ratapan Arab yang berirama. Bentuk pertama yang diketahui tanggal kembali ke 1792 selama tahun-tahun terakhir pemerintahan Ksatria St John. Ini diprakarsai oleh petani tetapi musik sekarang telah menjadi bentuk hiburan populer di Malta. Romantis adalah tema populer dalam balada ini, tetapi mungkin salah satu bentuk paling populer dari ‘ghanja’ adalah gaya yang disebut ‘pront Spirtu’ (‘Mendorong momen’), di mana dua atau lebih ‘ghannejja’ (penyanyi) melakukan duet, sering perang kata berima, dalam gaya khas Mediterania.

Masakan Malta

Seperti musik rakyat, makanan Malta sangat dipengaruhi oleh tetangga kami di Sisilia dan Afrika Utara. Piring-piring Maltese, yang menyertai segelas anggur apa pun di wine-bar yang populer akan mencakup zaitun, caper, cheeselet domba (‘gbejniet’), tomat kering, sosis Malta, pate kacang lebar yang dikenal sebagai ‘bigilla’ dan kerupuk Maltese tradisional yang dikenal sebagai ‘galletti’. Di setiap kota orang menemukan ‘pastizzeriji’ khas yang menyajikan ‘pastizzi’ tradisional (gurih diisi filo-pastry ricotta) serta makanan pastry lainnya, dibeli di luar jalan dalam hitungan menit. ‘Hobz biz-zejt’ adalah camilan populer lainnya yang terbuat dari irisan roti Malta yang keras, disebarkan dengan tomat merah dan atasnya dengan sedikit bawang, gbejniet dan ikan teri atau tuna, yang direndam dalam minyak zaitun yang lezat.

Ketika mengunjungi pulau Malta, lihatlah makanan khas Malta lainnya seperti ‘Minestra’, sup sayuran yang sangat kental disajikan dengan roti dan minyak Malta; bermacam-macam Ikan Segar, bersama dengan ‘Aljotta’, sup ikan lezat; Daging kelinci rebus; ‘Imqarrun’ (makaroni panggang) atau ‘Timpana’ (makaroni panggang dalam kasus kue kering); ‘Soppa Ta’ L-Armla ‘(Sup Janda) yang merupakan campuran sayuran, sisa potongan dan keju; dan akhirnya, Siput, yang dikenal sebagai ‘Bebbux’ dimasak dalam sup panas. Permen tradisional termasuk ‘Imqaret’ goreng (kurma) dan ‘Qubbajt’ (nougat); Easter ‘Figolli’, boneka pastry almond yang berbentuk seperti kelinci, mobil, dan hati yang dihiasi dengan gula es; ‘Kannoli’, roti gulung goreng isi ricotta mirip dengan roti Sisilia;

Pasar Minggu Malta

Di desa-desa Maltese tertentu, keheningan pada jam-jam awal pagi dipecah oleh kesibukan pembeli dan teriakan penjual di pasar tradisional Malta. Mereka tidak hanya menyediakan tempat untuk membeli kebutuhan sehari-hari tetapi untuk mengejar ketinggalan berita desa. Untuk semuanya, mulai dari pakaian hingga barang-barang rumah tangga, pasar hari Minggu di luar Valletta adalah kunci. Tetapi untuk benar-benar merasakan pasar tradisional Malta, kunjungan ke pasar ikan Marsaxlokk di desa nelayan tua sangat penting, di mana sayuran dan ikan segar, serta suvenir dan kerajinan tradisional Malta dijual setiap hari Minggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *