Tips Agar Terhindar Dari Penipuan Saat Membeli Rumah

Keinginan untuk membeli rumah dengan model rumah minimalis atau model rumah lainnya, haruslah berhati-hati agar tidak terjebak dalam kasus penipuan. Oleh karena itu ada baiknya sebelum memutuskan membeli rumah, baik melalui makelar atau pemilik rumah langsung sebelumnya, kita harus mengecek dan melakukan survey terlebih dahulu ke rumah dan area sekitarnya.

Sehingga setelah melakukan transaksi dan membeli rumah tersebut, kita tidak kecewa karena ada yang tidak sesuai dengan ekspektasi atau keinginan kita sebelumnya.

Sehingga tak heran jika sebelum memutuskan membeli rumah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Baik itu terkait masalah legalitas, keamanan, ketersediaan air, kebersihan serta keadaan lingkungan sekitar tempat tinggal tersebut.

Berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan saat akan membeli rumah, untuk menghindari penipuan.

1. Dana

Saat akan membeli rumah, sudah seharusnya kita menyiapkan dana yang akan digunakan nantinya. Pertimbangkan juga sistem pembayaran yang akan digunakan, termasuk jika akan menggunakan KPR dari bank.

2. Cek secara detail keadaan rumah

Area lingkungan sekitar tempat tinggal, keamanan, ketersediaan air, kebersihan, listrik dan lain-lain sebagainya harus dicek terlebih dahulu dengan baik sebelum memutuskan akan membeli rumah.

3. Cari perbandingan

Membeli rumah tentu bukan perkara mudah yang bisa dilakukan dengan asal-asalan. Jadi ada baiknya setelah mendapatkan target rumah yang ingin dibeli, kita tak langsung serta-merta membelinya begitu saja. Ada baiknya jika mencari perbandingan terlebih dahulu dari rumah-rumah lainnya yang memungkinkan untuk dibeli sesuai dengan kriteria idaman. Bandingkan antara rumah satu dengan rumah lainnya tersebut sebelum memutuskan membeli.

4. Jika diperlukan, lakukan survey ulang

Meski sudah melakukan survey dan mengetahui kondisi rumah dan lingkungannya, tak ada salahnya jika melakukan survey lagi dan lagi sebelum membelinya. Karena tak menutup kemungkinan ada yang terlewatkan pada saat kita melakukan survey yang sebelumnya.

5. Legalitas rumah harus diperhatikan

Jangan menyepelekan perkara dokumen dan berkas legalitas rumah yang akan dibeli. Cek apakah rumah tersebut memiliki hak milik dan hak guna bangunan, status pembayaran PBB serta cek apakah rumah tersebut termasuk dalam rumah sengketa atau bukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *