Tata Langkah Aqiqah Anak Wanita dan Lelaki Sama Sunnah

Acara aqiqah Kediri ialah acara keagamaan yang mempunyai aturan – aturan spesifik yang sesuai hukum Islam. Walau jumlah hewan yang dikurbankan berlainan untuk laki – laki serta wanita, tata langkah serta posisinya sama juga. Berikut tata langkah aqiqah yang sama sunnah.

Ketentuan Kambing Aqiqah

Hewan ternak yang umum dipakai untuk aqiqah di Indonesia ialah hewan ternak berbentuk kambing. Tetapi juga bisa memakai hewan ternak lain. Hewan yang diputuskan jangan asal-asalan sebab harus sesuai ketentuan hewan qurban seperti berikut:

  • Bila memakai kambing karena itu kambing harus prima berumur setahun serta juga bisa yang mulai masuk 2 tahun.
  • Bila hewan yang dipakai ialah domba, karena itu disebutkan prima bila telah berumur 6 bulan serta masuk bulan ke-7 .
  • Antara hewan – hewan itu, tidak ada anggota tubuh hewan yang cacat atau berpenyakit.
  • Sesudah disembelih, dagingnya jangan diperjualbelikan.

Waktu Penerapan Aqiqah

Waktu penerapan aqiqah sebetulnya dapat dilaksanakan kapanpun aslinya mempunyai dana serta ongkos untuk melakukan. Tetapi ada waktu – saat yang disunnahkan, yakni di di hari ke-7 lahirnya bayi atau hari keempat belas sesudah bayi dilahirkan ke dunia.

Makna Aqiqah

Makna dalam lakukan acara aqiqah di anak merupakan wujud taqarrub (pendekatan diri) ke Allah yang dapat juga disimpulkan jadi bentuk rasa sukur atas anugerah berbentuk bayi yang lahir. Paket aqiqah Kediri dipandang seperti fasilitas untuk bagikan rasa bahagia yang didapatkan oleh orangtua serta keluarga bayi melakukan syari’at Islam.

 

Langkah Menyembelih Kambing

Di dahulu kala, menyembelih satu hewan bukan hal yang menyusahkan sebab beberapa orang yang mengenali triknya. Tetapi, di zaman milenial ini, orang yang menyembelih kambing langka. Oleh karena itu, banyak yang cenderung pilih beli masakan kambing yang siap dibanding menyembelih sendiri. Perlu diingatkan jika untuk anak wanita perlu disediakan 1 kambing serta anak laki – laki perlu 2 kambing. Untuk ketentuan kambing yang akan disembelih, bagus untuk laki – laki serta wanita sebaiknya kambing yang bermutu dari sisi umur serta tipe kambingnya. Hewan qurban yang dipakai harus sehat serta bebas dari penyakit serta cacat.

Mengolah Daging Aqiqah

Kecuali dalam penyeleksian daging, harus juga jadi perhatian tata langkah mengolah daging sembelihan. Ada yang menjelaskan jika seharusnya daging hewan aqiqah dibuat lebih dulu sebelumnya diberikan ke tetangga serta famili. Ada pula yang menjelaskan untuk bagikan daging aqiqah layaknya seperti bagikan daging kurban di hari raya Idul Adha, tak perlu dibuat lebih dulu. Tetapi untuk sekarang ini banyak yang memutuskan untuk mengolah lebih dulu baru diberikan.

Mengonsumsi beberapa daging aqiqah

Tata langkah dalam mengonsumsi daging aqiqah ditata secara baik. Daging aqiqah jangan semuanya diberikan, tetapi cuma beberapa saja. Beberapa yang lain harus dikonsumsi oleh faksi keluarga. Aturan ini hampir serupa dengan aturan yang dilaksanakan waktu Hari Raya Qurban.

Bayi diberi nama serta dicukur rambutnya waktu acara aqiqah

Tata langkah aqiqah selanjutnya ialah memberikan nama serta cukur bayi. Dalam tuntunan menurut Islam, orangtua sebaiknya menamai yang baik serta baik ke anak mereka. Nama yang diberi di anak akan menggambarkan akhlak serta imannya kelak. Untuk hukum cukur rambut sendiri, beberapa ulama memiliki pendapat jika hal itu hukumnya sunnah.

Memberi doa aqiqah di bayi waktu aqiqah

Membacakan doa aqiqah ke bayi memang sebaiknya dilaksanakan semenjak bayi dilahirkan, tetapi memberi doa aqiqah ada juga dalam tata langkah aqiqah. Umumnya ada doa aqiqah spesial yang dibacakan oleh ustadz di acara aqiqah.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *