STADIUM KANKER KULIT

STADIUM KANKER KULIT

Fase kanker kulit juga akan di cari tahu oleh dokter sesudah seseorang pasien memperoleh diagnosis atas penyakitnya. Info tentang fase yaitu satu diantara aspek terutama dalam mengevaluasi pilihan penyembuhan yang ada. Artikel ini juga akan mengulas tentang fase kanker kulit type melanoma baca juga 

Buat ketentuan penyembuhan kanker kulit sebaiknya diawali dengan ketahui fase, atau seberapa luas penebaran, dari kanker kulit. Dokter memakai beragam tes untuk memastikan fase kanker kulit, hingga akhirnya mungkin saja tidak dapat usai tanpa ada merampungkan semua rangkaian tes medis.

MENENTUKAN STADIUM KANKER KULIT

Untuk memastikan fase kanker kulit melanoma, luka serta beberapa jaringan sehat di sekelilingnya mesti diangkat serta dianalisa memakai mikroskop. Dokter memakai ketebalan dari melanoma, diukur dalam milimeter (mm), serta karakter beda untuk menolong memastikan fase penyakit ini.

Dokter juga memakai hasil-hasil dari rangkaian tes untuk ketahui jawaban dari sebagian pertanyaan sekitar fase melanoma tersebut :

Seberapa besar ukuran melanoma asal—sering dimaksud melanome primer atau tumor primer—dan di mana tempatnya?

Apakah melanoma sudah menebar ke kelenjar getah bening? Bila telah, di mana serta berapakah banyak?

Apakah melanoma sudah bermetastasis (menebar) ke sisi badan beda? Bila telah, di mana serta berapakah banyak?

Hasil-hasil tes dipadukan untuk memastikan fase kanker kulit pada tiap-tiap pasien. Ada 5 fase kanker kulit melanoma : fase 0, fase 1, fase 2, fase 3, serta fase 4.

STADIUM-STADIUM KANKER KULIT

Pemilihan fase melukiskan kondisi kanker pada pasien, hingga tim dokter bisa bekerja bersama untuk membuat gagasan perawatan paling baik dan mengerti prognosis (keinginan hidup) pasien. Tersebut disini keterangan tentang semasing fase pada dasarnya.

KANKER KULIT STADIUM 0 :

Merujuk pada melanoma in situ, yang berarti beberapa sel melanoma diketemukan cuma di susunan terluar kulit atau epidermis. Fase kanker kulit ini begitu tidak sering dapat menebar ke sisi beda dari badan.

KANKER KULIT STADIUM 1 :

Kanker kulit fase 1 berarti beberapa sel kanker sudah bertumbuh ke sisi kulit lebih dalam, namun masih tetap belum juga menebar ke kelenjar getah bening atau sisi badan beda (masih tetap terbatas di kulit). Fase kanker kulit ini dibagi jadi 2 subkategori :

Fase 1 A : Ukuran kanker begitu kecil, kurang dari 1 mm dalamnya, serta tidak terlihat alami ulserasi (luka terbuka). Juga tidak tunjukkan pemisahan beberapa sel kanker yang cepat.

Fase 1 B : Kanker melanoma ini dapat memiliki ukuran begitu kecil, kurang dari 1 mm dalamnya, namun terlihat alami ulserasi atau membelah diri dengan lebih cepat, ATAU kanker ukurannya pada 1 – 2 mm dalamnya namun tak ada sinyal tanda ulserasi.

Bacalah juga Penyembuhan Kanker Kulit

KANKER KULIT STADIUM 2 :

Melanoma fase 2 bermakna beberapa sel kanker sudah bertumbuh ke sisi kulit lebih dalam, atau mempunyai karakter yang berisiko tinggi, namun belum juga menebar ke kelenjar getah bening atau lebih jauh. Fase kanker kulit ini dibagi jadi 3 subkategori :

Fase 2 A : Beberapa sel kanker sudah bertumbuh 1 – 2 mm kedalam kulit, serta tumor tampak alami ulserasi, ATAU kanker ukurannya 2 – 4 mm namun tidak alami ulserasi.

Fase 2 B : Ukuran kanker 2 – 4 mm tebalnya dengan sinyal tanda ulserasi, ATAU lebih tidak tipis dari 4 mm namun tidak alami ulserasi.

Fase 3 C : Ukuran kanker tidak lebih dari 4 mm tebalnya, serta alami ulserasi.

KANKER KULIT STADIUM 3

Melanoma fase 3 berarti beberapa sel kanker sudah menebar ke kelenjar getah bening paling dekat, namun belum juga ke organ-organ yang jauh. Fase kanker kulit ini dibagi jadi 3 subkategori :

Fase 3 A : Kanker dapat memiliki ukuran berapakah juga, tanpa ada ulserasi, namun beberapa kecil beberapa sel kanker—yang cuma dapat diliat dengan mikroskop—telah diketemukan di 1 – 3 kelenjar getah bening paling dekat.

Fase 3 B : Melanoma dapat memiliki ukuran berapakah juga namun mungkin saja berlangsung ulserasi degnan beberapa sel kanker diketemukan di 1 – 3 kelenjar getah bening paling dekat yang cuma dapat diliat dengan mikroskop, ATAU mereka tidak ulserasi namun ada cukup banyak beberapa sel kanker di 1 – 3 kelenjar getah bening paling dekat hingga cukup membuatnya jadi membesar ATAU beberapa sel kanker dapat diketemukan di ruang sekitaran kulit atau saluran limfatik, namun tidak di kelenjar getah bening.

Fase 3 C : Melanoma dapat memiliki ukuran berapakah juga ketebalanya. Bila berlangsung ulserasi, dapat ada 1 – 3 kelenjar getah bening yang jadi membesar ATAU beberapa sel kanker dapat diketemukan di sekitaran kulit atau saluran limfatik. Di fase ini kanker mungkin saja alami ulserasi atau mungkin saja juga tidak, namun beberapa sel kanker dapat diketemukan di 4 kelenjar getah bening atau lebih.

KANKER KULIT STADIUM 4

Melanoma fase 4 (juga dimaksud melanoma metastatis) bermakna beberapa sel kanker sudah menebar ke luar kulit serta kelenjar getah bening paling dekat, ke organ-organ jauh seperti hati, paru-paru atau otak, atau kelenjar getah bening dan ruang kulit yang jauh.

Hasil tes-tes, kisah medis, serta beberapa aspek beda yang berkaitan juga akan dilihat dengan hati-hati oleh tim dokter yang mengatasi Anda untuk membuat gagasan penyembuhan serta obat kanker kulit melanoma yang sesuai sama keperluan Anda.

Bacalah juga Penyebabnya Kanker Kulit

RISIKO KEKAMBUHAN KANKER KULIT

Operasi yaitu type penyembuhan paling utama untuk pasien-pasien melanoma. Penyembuhan operasi melibatkan mengangkat tumor melanoma primer serta beberapa kulit, juga jaringan di bawahnya.

Maksud dari penyembuhan kanker yaitu untuk mengangkat atau membunuh semuanya kanker, tapi terkadang, beberapa sel kanker masih tetap tersisa serta tidak terdeteksi oleh tes-tes skrining. Saat beberapa sel yang tidak terdeteksi itu bertumbuh jadi tumor, ini diberi nama kekambuhan. Melanoma mungkin saja kambuh kembali di lokasi yang sama juga dengan tumor asal atau dapat pula ke sisi badan beda.

Kekambuhan melanoma dalam jarak 2 cm dari lokasi tumor asli dipandang jadi kekambuhan lokal. Kekambuhan di kelenjar getah bening serta tempat yang jauh dari lokasi asal dipandang jadi kanker yang mempunyai karakter DNA yang sama juga dengan tumor asal namun berkembang dibagian badan beda, seperti kelenjar getah bening.

Kekambuhan di kelenjar getah bening berkembang di kelenjar yang ada di ruang paling dekat dengan tumor melanoma asal. Waktu beberapa sel melanoma masuk aliran darah lantas berkembang jadi tumor di lokasi beda di badan dipandang jadi kekambuhan di lokasi jauh.

Demikian beberapa sel masuk system peredaran darah, jadi beberapa sel kanker bisa dialirkan sampai ke tempat yang jauh di badan. Mereka mungkin saja berkembang di jaringan mana juga, namun seringkali berkembang di paru-paru, hati, atau otak. Metastasis (penebaran) dapat juga berlangsung di tulang, jantung, pankreas, ginjal, atau tiroid, dapat juga di beberapa lokasi yang lain.

Tanda serta sinyal tanda kanker kulit metastasis yang sudah kambuh diantaranya :

Kelelahan

Kelenjar getah bening membengkak atau merasa nyeri

Berat tubuh turun

Hilang selera makan

Susah bernapas atau batuk yang tidak kunjung pulih

Sakit tulang yang tidak kunjung pulih

Seringkali sakit kepala

Kejang-kejang

Anda begitu disarankan untuk dengan teratur berkunjung ke dokter onkolog walau sudah merampungkan penyembuhan untuk kanker kulit. Pada tiap-tiap kunjungan ke dokter ini, beliau mungkin saja juga akan lakukan kontrol fisik serta/atau tes pencitraan ke dada, perut, serta panggul. Tes-tes ini memberi deskripsi detil dari jaringan yang juga akan menolong mengidentifikasi apabila ada kekambuhan kanker.

Bacalah juga Kanker Kulit

Aspek-faktor yang bisa tingkatkan resiko Anda untuk alami kekambuhan kanker kulit diantaranya :

Ketebalan dari tumor (makin besar tumornya, makin besar resikonya)

Berlangsung ulserasi (luka terbuka) di melanoma asal

Melanoma terdeteksi di kelenjar-kelenjar getah bening

Penambahan laju mitotik (laju pemisahan beberapa sel) di tumor asal.

Saat berlangsung kekambuhan melanoma, umumnya itu kurun waktu 2 – 5 th. pertama sesudah diagnosis dan penyembuhan awal. Resiko kekambuhan tergantung pada karakter biologis dari tumor Anda, termasuk juga di mana tempatnya serta ketebalannya, juga adakah sinyal tanda ulserasi yang tampak dibawah mikroskop.

SISTEM TNM DALAM STADIUM KANKER KULIT

Fase melanoma didasarkan atas ukuran atau ketebalan tumornya, apakah telah menebar ke kelenjar getah bening atau organ beda, serta beberapa karakter beda, termasuk juga laju pertumbuhannya.

Instansi American Joint Commission on Cancer sudah meningkatkan system pemilihan fase yang sangat mungkin dokter untuk memastikan seberapa jauh perubahan melanoma, serta untuk membagikan info ini pada yang beda dalam langkah yang lebih gampang. System ini dimaksud system TNM, yang didasarkan atas 3 info kunci :

Tumor (T) melukiskan ketebalan tumor, atau seberapa dalam itu sudah bertumbuh kedalam kulit. Ketebalan melanoma, juga dimaksud pengukuran Breslow, yaitu aspek perlu dalam memperkirakan apakah tumor sudah menebar. Makin tidak tipis melanoma, makin besar peluangnya telah menebar. Laju pembelaha beberapa sel (juga dimaksud laju mitotik), serta ada atau tidaknya ulserasi (luka terbuka), juga diperhitungkan dalam memastikan kelompok T.

Kelenjar getah bening (N) melukiskan apakah melanoma sudah menebar ke kelenjar getah bening paling dekat, atau ke saluran yang menghubungkan ke kelenjar getah bening.

Metastasis (M) melukiskan apakah melanoma sudah menebar ke organ-organ jauh, juga kandungan dari LDH, yakni zat dalam darah.

Pemilihan fase kanker kulit melanoma bisa dikerjakan sebelumnya operasi (fase klinis), yang didasarkan atas kontrol fisik dan hasil-hasil tes pencitraan. Dapat juga dikerjakan sesudah operasi (fase patologis), di mana info klinis juga akan dipadukan dengan info yang didapat dari tes biopsi. Karna memakai semakin banyak info, jadi fase kanker kulit patologis yaitu yang paling akurat.

Fase kanker kulit mungkin saja rumit untuk di baca. Apabila Anda miliki pertanyaan sekitar fase kanker kulit, janganlah bebrapa sangsi untuk ajukan pertanyaan pada dokter yang mengatasi agar diterangkan lewat cara yang dapat Anda tahu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *