STADIUM KANKER ADRENAL

STADIUM KANKER ADRENAL

Setelah seorang pasien didiagnosis kanker adrenal, dokter akan mencoba untuk mencari tahu apakah kanker sudah menyebar. Jika sudah menyebar, dokter akan memeriksa sudah seberapa jauh penyebarannya. Ini adalah proses untuk menentukan stadium kanker adrenal distributor herbal

Stadium kanker menggambarkan seberapa jauh kanker telah menyebar di dalam tubuh seseorang. Dengan mengetahuinya, dokter juga dibantu untuk menentukan sudah seberapa serius penyakit itu dan bagaimana cara terbaik untuk menanganinya.

Stadium kanker adalah salah satu faktor penting dalam memutuskan bagaimana cara perawatan kanker dan dalam memperkirakan akan sesukses apa hasil dari suatu obat kanker adrenal.

CARA MENENTUKAN STADIUM KANKER ADRENAL

Untuk menentukan stadium kanker setelah dokter berhasil mendiagnosis kanker adrenal, beliau akan berupaya mencari jawaban dari tiga pertanyaan berikut:

Berapa ukuran dari kanker?

Apakah kanker telah bertumbuh ke struktur atau organ terdekat?

Apakah kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening atau organ yang jauh?

Penentuan stadium kanker adrenal didasarkan atas hasil-hasil dari pemeriksaan fisik, biopsi, dan tes-tes pencitraan (CT atau MRI scan, sinar-X, PET scan, dll).

Stadium kanker adrenal dibagi menjadi 4, yaitu: kanker adrenal stadium 1 sampai stadium 4. Semakin rendah angkanya, maka semakin sedikit penyebaran kankernya. Semakin tinggi angkanya, misalnya kanker adrenal stadium 4, berarti semakin jauh penyebaran dan pertumbuhan kankernya.

MEMAHAMI STADIUM KANKER ADRENAL ANDA

Sistem penentuan stadium adalah aturan standar bagi para dokter untuk menggambarkan seberapa jauh perkembangan dari kanker Anda. Dua sistem utama untuk menentukan stadium kanker adalah sistem TNM dari American Joint Committee on Cancer (AJCC) dan sistem dari ENSAT (European Network for the Study of Adrenal Tumors).

Kedua sistem tersebut didasarkan atas kategori TNM yang sama, yang didasarkan atas 3 informasi kunci berikut ini:

T menggambarkan ukuran dari tumor (tumour) asal dan apakah itu sudah bertumbuh ke area-area di dekatnya.

N menunjukkan adanya penyebaran kanker ke kelenjar getah bening (node) di dekat kelenjar adernal (regional lymph node). Kelenjar getah bening adalah sekelompok kecil sel-sel sistem imun, yang sering menjadi tempat pertama penyebaran kanker.

M memperlihatkan jika kanker telah menyebar (metastasis) ke area-area yang jauh, misalnya ke organ lain atau kelenjar getah bening yang jauh dari dengan kelenjar adrenal (distant lymph node).

Angka-angka atau huruf-huruf setelah T, N, dan M memberikan lebih banyak rincian mengenai setiap faktor di atas. Begitu kategori T, N, dan M dari seorang pasien telah ditentukan, biasanya setelah operasi, maka informasi itu akan dipadukan dalam sebuah proses pengelompokan stadium. Hasil dari proses itu memberikan informasi keseluruhan stadium kanker adrenal.

KANKER ADRENAL STADIUM 1 (T1, N0, M0)

Ukuran tumor adalah 5 cm (sekitar 2 inchi) atau kurang, dan belum bertumbuh ke jaringan di luar kelenjar adrenal (T1).

Kanker belum menyebar ke kelenjar getah bening terdekat (N0) atau pun ke area-area yang jauh (M0).

KANKER ADRENAL STADIUM 2 (T2, N0, M0)

Ukuran tumor lebih dari 5 cm (2 inchi), dan belum bertumbuh ke jaringan di luar kelenjar adrenal (T2).

Kanker belum menyebar ke kelenjar getah bening terdekat (N0) atau pun ke area-area yang jauh (M0).

KANKER ADRENAL STADIUM 3 (T1, N1, M0)

Ukuran tumor adalah 5 cm (sekitar 2 inchi) atau kurang, dan belum bertumbuh ke jaringan di luar kelenjar adrenal (T1).

Kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening terdekat (N1), tetapi belum ke area-area yang jauh (M0).

ATAU T2, N1, M0

Tumor bertumbuh di lemak yang melapisi kelenjar adrenal. Tumor bisa berukuran berapa pun (T3).

Kanker mungkin sudah atau belum menyebar ke kelenjar getah bening terdekat (N0 apa pun).

Kanker belum menyebar ke area-area yang jauh (M0).

ATAU T4, N APA PUN, M0

Tumor bertumbuh ke organ-organ terdekat, misalnya ginjal, pankreas, limpa, dan hati, atau pembuluh darah besar (vena ginjal atau vena cava). Tumor bisa berukuran berapa pun (T4).

Kanker mungkin sudah atau belum menyebar ke kelenjar getah bening terdekat (N apa pun).

Kanker belum menyebar ke organ-organ yang jauh (M0).

KANKER ADRENAL STADIUM 4 (T APA PUN, N APA PUN, M1)

Kanker telah menyebar ke organ-organ jauh, seperti hati atau paru-paru (M1). Ukurannya bisa berapa pun (T apa pun).

Kanker mungkin sudah atau belum menyebar ke jaringan terdekat (T apa pun) atau kelenjar getah bening terdekat (N apa pun).

Sistem penentuan stadium kanker di atas menggunakan stadium patologis (pathologic stage). Ini didasarkan atas hasil-hasil dari pemeriksaan fisik, biopsi, tes-tes pencitraan, dan hasil dari operasi. Dengan cara ini biasanya akan lebih akurat daripada stadium klinis (clinical staging), yang hanya didasarkan atas tes-tes sebelum operasi.

Cara membaca dan memahami stadium kanker adrenal memang cukup rumit. Jadi, apabila Anda punya pertanyaan atau ada yang tidak mengerti mengenai stadium kanker Anda, tanyakanlah ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *