Pisang Ambon yang ekonomis

Pisang ambon adalah sebuah buah yang memiliki nilai ekonomis tinggi pisang ambon sering digunakan sebagai pencuci mulut setelah makan. Beberapa varian pisang ambon populer antara lain pisang ambon kuning, pisang ambon lumut dan pisang ambon putih. pisang ambon atau biasa dikenal dengan pisang hijau mengandung senyawa yang disebut asam lemak rantai pendek yang berguna untuk memelihara lapisan sel jaringan dari usus kecil mampu meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi. pisang ambon juga baik untuk penderita diabetes. sebab protein yang dikandung pisang ambon cukup mudah diserap tubuh. bagi mereka yang sedang menjalani diet, pisang ambon juga bisa menjadi sumber karbohidrat harian anda untuk syarat penanaman.
Sebaiknya pisang ditanam di tanah berhumus dengan pemupukan air harus selalu tersedia tetapi tidak menggenang dan pisang tidak hidup pada tanah yang mengandung garam 0,07%. Pohon pisang ambon ini cocok ditanam di dataran rendah sampai pegunungan setinggi 2000 m. pisang ambon tumbuh baik sampai ketinggian 1000 mdpl. untuk pedoman teknis pembudidayaan pohon pisang ambon yang berkualitas baik ini yaitu cara pembibitan dengan cara vegetatif berupa tunas atau anakan, tinggi anakan untuk bibit 1 – 1,5 meter. Cara potongan umbi 15 – 20 cm, anakan diambil dari pohon yang berbuah baik dan Sehat. bibit yang baik, daun masih berbentuk seperti pedang gulai daun sempit. jarak tanam pohon pisang ini dari pohon pisang lainnya yaitu berjarak 2 X 2 meter dan satu pohon induk dibiarkan memiliki tengah antara 7 – 9. Teknik penanaman pisang ambon, pembuatan lubang tanam yaitu 50 X 50 X 50 cm pada tanah berat dan 30 X 30 X 30 cm atau 40 X 40 X 40 cm untuk tanah gembur dan untuk jarak tanam 3 X 3 meter, untuk tanah sedang dan 3,3 X 3,3 meter untuk tanah berat.
Untuk penanaman pohon pisang ambon ini sebaiknya dilakukan menjelang musim hujan. sebelum pohon pisang Ambon dimasukkan ke lahan Penanaman diberi pupuk organik seperti pupuk kandang atau kompos sebanyak 15 – 20 kg. pemeliharaan pohon pisang ambon, untuk mendapatkan hasil yang baik, satu rumpun harus terdiri atas 3 – 4 batang. pemotongan anak pohon dilakukan sedemikian rupa sehingga dalam satu rumpun. terdapat anakan yang berbeda umur atau fase pertumbuhan yaitu disebut dengan penjarangan. pemupukan pada pohon pisang ambon ini memerlukan kalium dalam jumlah besar. untuk 1 liter, bisa memerlukan 207 kg urea, 138 kg superfosfat, 608 kg kg dan 200 kg batu kapur sebagai sumber kalsium.
Untuk pengairan pohon pisang ambon ini dengan cara disiram atau mengisi parit-parit atau saluran air yang berada di antara barisan tanaman pisang. untuk pemeliharaan buah pisang jantung pisang yang telah berjarak 25 cm dari sebuah terakhir harus dipotong agar pertumbuhan buah tidak terhambat. setelah sisir pisang mengembang sempurna pisang dibungkus dengan kantong plastik bening gantung plastik polyethylene dengan ketebalan 0,5 mm diberi lubang dengan diameter 1,25 cm jarak setiap lubang 7,5 cm. ukuran kantong plastik adalah sedemikian rupa sehingga menutupi 15 – 45 cm diatas pangkas sister teratas dan 20 cm di bawah ujung buah dari sisir terbawah. hama yang sering terjadi pada tumbuhan pohon pisang ambon yaitu ulat daun, ulat kumbang, nematoda, ulat bunga. cara mengatasi hama tersebut kita bisa menggunakan insektisida yang cocok sesuai hama atau penyakit yang ada di pohon pisang tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *