PENYEBAB KANKER SERVIKS

PENYEBAB KANKER SERVIKS

Penyebabnya kanker serviks diawali dari beberapa sel yang menyelubungi serviks—bagian bawah rahim. Terkadang sisi rahim ini dimaksud juga serviks uterus. Sedang sisi atas rahim yaitu tempat perkembangan janin. Serviks menghubungkan tubuh rahim ke vagina jadi jalan lahir baca juga 

Beberapa sel di serviks tidak mendadak beralih jadi kanker. Demikian sebaliknya, beberapa sel serviks yang normal awalannya dengan bertahap berkembang jadi beberapa sel pra kanker yang juga akan beralih jadi kanker. Lantas, apa sebagai penyebab dari perubahan abnormal itu?

PENYEBAB KANKER SERVIKS

Di bebrapa th. akhir-akhir ini, ada cukup banyak perkembangan dunia medis dalam mengerti apa yang berlangsung di beberapa sel serviks saat kanker berkembang. Serta terdapat banyak aspek resiko yang sukses dikenali. Aspek resiko yaitu hal apapun yang tingkatkan peluang seseorang wanita untuk meningkatkan kanker serviks.

Perubahan beberapa sel normal terlebih tergantung pada info yang ada dalam DNA sel itu. DNA yaitu bahan kimia dalam sel kita yang membuat gen kita, yang mengatur bagaimana sel kita bekerja. Kita dapat serupa dengan orangtua kita karna mereka lah sumber dari DNA kita. Tapi DNA tidak cuma merubah tampilan kita.

Terdapat banyak gen yang mengatur kapan saatnya beberapa sel bertumbuh, membelah diri, serta mati :

Gen yang menolong perkembangan sel serta membuatnya tetaplah hidup dimaksud onkogen.

Gen yang menolong mengatur perkembangan sel atau buat sel mati di saat yang pas dimaksud gen supresor tumor.

Kanker dikarenakan oleh mutasi DNA (cacat gen) yang aktifkan onkogen atau menonaktifkan gen supresor tumor.

Virus Human papilloma (HPV) mengakibatkan produksi dari 2 protein yang di kenal jadi E6 serta E7—keduanya menonaktifkan gen supresor tumor. Hal semacam ini bisa sangat mungkin beberapa sel yang menyelubungi serviks bertumbuh tidak teratasi dan meningkatkan perubahan gen penambahan, yang dalam sebagian masalah dapat menyebabkan kanker.

Tetapi HPV tidaklah hanya satu penyebabnya kanker serviks. Beberapa besar wanita yang terinfeksi HPV tidak meningkatkan kanker serviks. Sedang beberapa aspek resiko spesifik, umpamanya merokok serta infeksi HIV, yang merubah wanita yang telah terinfeksi HPV, lebih mungkin saja mengakibatkan mengembangnya kanker serviks.

FAKTOR RISIKO PENYEBAB KANKER SERVIKS

Aspek resiko kanker serviks yaitu hal apa sajakah yang merubah peluang seorang untuk meningkatkan kanker serviks. Pada saat seseorang wanita meningkatkan keadaan pra kanker serviks atau telah kanker serviks, ada peluang pemicunya yaitu aspek resiko spesifik. Di bawah ini sebagian aspek resiko penyebabnya kanker serviks :

Bacalah juga Apa yang Berlangsung Apabila Anda Alami Kanker Serviks Fase 3?

  • INFEKSI HUMAN PAPILLOMA VIRUS (HPV)

Infeksi karna HPV yaitu satu diantara aspek penyebabnya kanker serviks yang paling utama. HPV adalah grup yang terbagi dalam lebih dari 150 virus terkait. Sebagian salah satunya mengakibatkan perkembangan yang dimaksud papiloma, atau yang biasanya dimaksud kutil.

HPV dapat menginfeksi beberapa sel di permukaan kulit, serta yang menyelubungi organ genital, anus, mulut, dan tenggorokan, tapi tidak dapat menginfeksi darah atau organ dalam seperti jantung atau paru-paru.

HPV dapat menebar dari orang ke orang lewat kontak dari kulit ke kulit. Satu langkah penebaran HPV yaitu lewat jalinan sex, termasuk juga sex vaginal, anal, serta bahkan juga oral.

Type HPV yang berlainan mengakibatkan kutil di bebrapa sisi badan yang berlainan. Sebagian mengakibatkan kutil umum (common warts) di tangan serta kaki, sedang yang beda umumnya mengakibatkan kutil di bibir atau lidah.

Beberapa jenis HPV spesifik bisa mengakibatkan kutil pada atau di sekitaran organ genital dan pada daerah anus. Ini dimaksud beberapa jenis HPV berisiko rendah karna tidak sering terkait dengan kanker.

Beberapa jenis HPV beda dimaksud berisiko tinggi karna mereka begitu terkait dengan kanker, termasuk juga kanker yang tumbuh di serviks, vulva, vagina, penis, juga kanker di anus, mulut, serta tenggorokan pada pria ataupun wanita.

Infeksi HPV sesungguhnya umum berlangsung, di mana umumnya orang badannya dapat bersihkan sendiri dari infeksi itu. Tetapi terkadang infeksi itu tidak hilang jadi berkembang jadi kritis. Infeksi kritis, terutama yang dikarenakan oleh type HPV berisiko tinggi, pada akhirnya bisa mengakibatkan type kanker spesifik, satu diantaranya kanker serviks.

Meskipun sekarang ini belum juga diketemukan obat untuk infeksi HV, tapi ada beberapa langkah untuk menangani perkembangan sel abnormal yang dikarenakan HPV.

  • MEROKOK

Pada saat seorang merokok, dia serta mereka yang di sekelilingnya terkena banyak zat kimia penyebabnya kanker yang merubah beragam organ badan. Beberapa zat beresiko ini diserap lewat paru-paru lantas dibawa aliran darah menuju ke semua badan.

Wanita yang merokok miliki resiko 2 x lipat dibanding mereka yg tidak merokok. Hasil sambilan dari tembakau diketemukan pada lendir serviks wanita yang merokok. Beberapa peneliti menyakini kalau beberapa zat ini mengakibatkan kerusakan DNA beberapa sel serviks dan bisa menyebabkan perubahan kanker serviks. Merokok juga melemahkan pertahanan system kebal badan pada infeksi HPV.

Bacalah juga Kanker Serviks, Pembunuh Wanita No 1 di Indonesia

  • SISTEM KEKEBALAN TUBUH YANG LEMAH

Human immunodeficiency virus (HIV), virus penyebabnya AIDS, mengakibatkan kerusakan system kebal badan seorang hingga mereka lebih rawan terinfeksi HPV. Hal semacam ini mungkin saja keterangan kenapa wanita pasien AIDS berisiko tinggi menderita kanker serviks.

System kebal badan perlu untuk menghancurkan beberapa sel kanker dan perlambat perkembangan serta penebarannya. Pada wanita yang terinfeksi HIV, keadaan pra kanker serviks bisa berkembang jadi kanker invasif lebih cepat dari pada wajarnya.

  • INFEKSI BAKTERI KLAMIDIA

Klamidia adaah type bakteri yang cukup seringkali menginfeksi system reproduksi. Bakteri ini menebar lewat kontak seksual. Infeksi klamidia bisa mengakibatkan peradangan panggul hingga menyebabkan infertilitas (kemandulan).

Beberapa riset sudah lihat ada kenaikan resiko kanker serviks pada wanita yang hasil tes darah dan lendir serviksnya tunjukkan bukti dia tengah atau sempat terinfeksi klamidia. Wanita yang terinfeksi klamidia sering tidak rasakan yang dirasakan apa-apa. Mereka mungkin saja akan tidak sempat tahu bila tidak lakukan tes klamidia sepanjang kontrol panggul.

  • KURANG KONSUMSI BUAH DAN SAYUR

Wanita yang tidak sering makan buah serta sayuran mungkin saja jadi lebih rawan pada kanker serviks.

  • PENGGUNAAN PIL KB JANGKA PANJANG

Ada bukti kalau pemakaian pil KB periode panjang tingkatkan resiko kanker serviks. Riset memerlihatkan kalau resiko kanker serviks menanjak tinggi bersamaan dengan lamanya penggunaan pil KB. Tapi resikonya alami penurunan sesudah hentikan mengkonsumsi pil KB, lantas kembali jadi normal sekitaran 10 th. sesudah berhenti.

  • PENGGUNAAN KB SPIRAL (IUD)

Sebagian riset tunjukkan kalau wanita yang memakai alat kontrasepsi KB Spiral (IUD) mempunyai resiko kanker serviks yang lebih rendah. Dampak pada resiko bahka tampak pada wanita yang memakai IUD sepanjang kurang dari satu tahun, serta dampaknya tetaplah bertahan sesudah IUD dilepaskan.

Memakai IUD mungkin saja dapat juga turunkan resiko kanker endometrium. Tapi tetaplah saja pemakaian IUD mempunyai beberapa resiko. Seseorang wanita yang tertarik menggunakan KB Spiral butuh memperhitungkan sebagian resiko yang ditimbulkannya dengan dokter.

  • SERING HAMIL

Seseorang wanita yang sempat hamil hingga 3 kali atau lebih di ketahui lebih rawan terserang kanker serviks. Memanglah teori ini belum juga dapat dibuktikan, tapi sebagian riset tunjukkan ada perubahan hormon sepanjang kehamilan yang mungkin saja buat seseorang wanita lebih rawan pada infeksi HPV atau perkembangan kanker. Sangkaan yang lain, wanita hamil mungkin saja mempunyai system kebal badan yang lebih lemah hingga rawan terinfeksi HPV serta meningkatkan kanker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *