Pengangkutan Internasional

Belgia memiliki apa yang dikenal sebagai ‘ekonomi terbuka’ dan memiliki sejarah panjang perdagangan internasional dan pengiriman internasional yang akan kembali ke Abad Pertengahan. Bruges dan Antwerp adalah tempat para pedagang dari seluruh dunia berkumpul. Bruges adalah tempat asal ‘pasar saham’ dan pada abad ke-16, Antwerpen menjadi pusat pinjaman ke negara-negara di seluruh dunia. Sejarah perdagangan internasional yang panjang dan terkenal ini telah melahirkan pendirian industri jasa angkutan yang berkembang pesat, yang terdiri dari jaringan dinamis perusahaan pelayaran dan bisnis pengangkutan barang.

Pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, para industrialis Belgia adalah fasilitator utama untuk membuka negara-negara besar dan kecil di seluruh dunia. Karena Transportasi Barang proporsi besar perdagangan internasional dalam PDB, dan jumlah besar investasi asing di Belgia, Belgia telah disebut sebagai contoh sempurna dari ekonomi terbuka. Ini telah dikonsolidasikan oleh kehadiran besar organisasi internasional di Belgia dan fakta bahwa karyawan mereka menyuntikkan sejumlah besar uang ke dalam ekonomi Belgia. Perusahaan-perusahaan angkutan telah mampu mempersiapkan dan mengembangkan bisnis mereka dengan percaya diri bahwa ekonomi Belgia kuat dan bahwa infrastruktur pelabuhan di Belgia sedang dikembangkan dan akan terus menopang pasar pengiriman internasional.

Nilai rata-rata ekspor dan impor barang sebagai persentase dari PDB adalah 83% mengejutkan yang merupakan persentase tertinggi dari semua negara di Uni Eropa. Maka tidak mengherankan jika sektor transportasi barang di Belgia begitu apung. Terlebih lagi, Belgia juga mengklaim persentase tertinggi dari PDB di seluruh dunia yang dicatat oleh investasi asing langsung.

Menghitung kurang dari 0,2% dari populasi dunia, Belgia tetap memiliki pangsa pasar 3,4% dari ekspor dan 3% dari impor dan berada di peringkat kesepuluh untuk perdagangan barang internasional. Belgia sebenarnya adalah pemimpin dunia dalam hal ekspor per kapita, sehingga benar-benar dapat mengklaim sebagai pemimpin dunia dalam transportasi barang. Banyak perusahaan angkutan dan perusahaan pelayaran di seluruh dunia telah mencari industri jasa pengiriman untuk belajar dari praktik terbaik.

Sekitar 20% ekspor Belgia yang jasa kargo medan terlibat dalam pengiriman barang terdiri dari barang-barang konsumen. Barang setengah jadi mencapai 60%. Ini terutama mesin dan peralatan, yang menyumbang lebih dari 28% dari ekspor dan produk-produk kimia dan sekutu mencakup hampir 22% dari pengiriman internasional.

Ekspor barang internasional Belgia juga mencakup sejumlah besar mobil karena perakitan mobil merupakan sektor penting di Belgia. Percaya atau tidak, sekitar 95% dari 900.000 mobil yang dirakit oleh Volvo, Opel, Volkswagen dan Ford di Belgia diekspor. Mobil membentuk hampir 15% dari ekspor Belgia. Plastik membentuk sekitar 3% sementara produk farmasi dan produk kimia organik masing-masing sekitar 5%. Logam seperti besi dan baja dan logam non-besi membentuk lebih dari 4% dan bahan makanan membentuk hampir 9%.

Sorotan lain dalam pasar angkutan barang termasuk fakta bahwa Belgia adalah pengekspor berlian dan karpet terbesar di dunia dan merupakan pengekspor serat tanaman, cokelat, dan margarin terbesar kedua. Ini juga merupakan eksportir kaca terbesar ketiga di dunia dan terbesar keempat dalam ekspor telur, minuman non-alkohol dan mobil.

Ekspor ke negara-negara UE lainnya menyumbang tiga perempat dari seluruh ekspor Belgia, sehingga saluran dan sistem transportasi barang antara negara-negara ini telah disederhanakan dan dimaksimalkan. Negara-negara Eropa di luar akun UE untuk 7% lebih lanjut. Asia menyumbang lebih dari 9% dan AS sekitar 5%. Pentingnya perdagangan dengan negara-negara Eropa lainnya menjadi fokus tajam oleh fakta bahwa setengah dari semua barang yang diproses di pelabuhan Antwerp berasal dari atau akan pergi ke negara-negara Eropa lainnya.

Di setiap tingkat sistem pengiriman barang, bisnis jasa pengiriman, perusahaan pelayaran dan perusahaan angkutan di Belgia dipersiapkan untuk menangani tingginya jumlah angkutan barang yang diciptakan oleh posisi unggulan Belgia dalam ekspor dan impor dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *