Pembiayaan Insentif Biodiesel di Salurkan BPDP Kelapa Sawit

Pembiayaan Insentif Biodiesel di Salurkan BPDP Kelapa Sawit

Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Kelapa Sawit menyalurkan pembiayaan insentif biodiesel kelapa sawit pada 19 badan usaha bahan bakar nabati (BBN) untuk periode Mei sampai Oktober 2018.

Mengenai keseluruhan volume yang disalurkan sebesar 1, 46 juta kilo liter. Direktur Penyaluran Dana BPDP Kelapa Sawit Edi Wibowo menyebutkan, penetapan besaran volume itu berdasar pada keperluan solar nasional. ”Sektor yang memperoleh pendanaan meliputi bidang type BBM tertentu (JBT) atau PSO serta pembangkit listrik PLN, ” katanya di Jakarta akhir minggu kemarin.

Kerja sama penyediaan BBN type biodiesel pada BPDP Kelapa Sawit serta Badan Usaha BBN merujuk pada Ketentuan Presiden Nomor 61 Th. 2015 mengenai Penghimpunan serta Pemakaian Dana Perkebunan Kelapa Sawit bersama perubahannya pada Ketentuan Presiden Nomor 24 Th. 2016, dan Ketentuan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 26 Th. 2016 mengenai Penyediaan serta Pemakaian Bahan Bakar Nabati (Biofuel) Type Biodiesel dalam kerangka pembiayaan oleh BPDP Kelapa Sawit.

Edi meneruskan, keseluruhan kemampuan terpasang 19 tubuh usaha BBN type biodiesel yang juga akan menyalurkan biodiesel periode Mei sampai Oktober 2018 ini per April 2018 menjangkau 11, 62 juta kilo liter. Angka ini pasti cukup untuk mensupport proses penambahan mandatori biodiesel jadi 30% (B30) yang ditargetkan juga akan diawali pada 2020. ”Program insentif biodiesel kelapa sawit lewat support Dana Sawit dapat dibuktikan dapat menyetabilkan harga.

Data waktu ini tunjukkan harga CPO di angka USD655 per ton atau bertambah 30% di banding harga Agustus 2015, ” katanya. Edi menjelaskan, untuk 2018 pembiayaan biodiesel dianggarkan sebesar Rp9, 8 triliun dengan tujuan volume biodiesel yang dibayar sebesar 3, 22 juta kilo liter.

Realisasi pembayaran insentif biodiesel kelapa sawit sepanjang 2018 sampai April 2018 sebesar Rp3, 24 triliun dengan volume 0, 97 juta kilo liter (30, 10%). ”Dalam th. ini pemberian insentif biodiesel juga akan diperluas untuk bidang non-PSO, ” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *