Panduan Aman Puasa Saat Hamil, Agar Ibu Dan Bayi Tetap Sehat

Panduan Aman Puasa Saat Hamil, Agar Ibu Dan Bayi Tetap Sehat

Amankah ibu hamil (bumil) berpuasa selama bulan Ramadan? Tidak ada jawaban yang pasti dapat berlaku untuk semua ibu hamil. Sebab, kondisi masing-masing bumil berbeda. Berbagai studi menunjukkan hasil yang berbeda mengenai efek puasa terhadap bayi dalam kandungan.

Sebenarnya bumil tidak diwajibkan untuk berpuasa saat bulan Ramadan. Bumil kemudian dapat mengganti puasa di waktu lain atau dalam bentuk sedekah. Meski demikian, sebagian bumil tetap memilih puasa. Jadi sebenarnya amankah berpuasa saat hamil? Kalau masih bingung, yuk simak panduan di sini manjakani kanza asli

Pengaruh Puasa pada Bayi dalam Kandungan

Puasa umumnya tidak akan membawa efek negatif pada bayi dalam kandungan, selama bumil ada dalam kondisi sehat dan tetap mencukupi kebutuhan nutrisi harian dengan baik. Perubahan keseimbangan kimia dalam darah saat puasa umumnya juga tidak membahayakan bayi dalam kandungan.

Namun, penelitian lain menunjukkan adanya kemungkinan berat badan lahir lebih rendah, terutama jika puasa dijalankan di trimester awal kehamilan. Hanya saja perbedaan yang terjadi sangat kecil, dan tidak tergolong signifikan.

Pada bumil yang memiliki berat badan normal dan gaya hidup sehat, umumnya puasa hanya akan sedikit memengaruhi kondisi kesehatan, sebab bumil memiliki cadangan nutrisi yang dibutuhkan bayi dalam kandungan. Meski demikian, sebelum berpuasa sebaiknya bumil mempertimbangkan kondisi kesehatan secara umum, usia kehamilan dan berapa jam puasa harus dilakukan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *