Menyiapkan Acara Pengajian untuk Pernikahan

 

Meskipun bukan termasuk acara yang wajib untuk di lakukan, terkadang calon pengantin muslim akan melaksanakan pengajian beberapa hari menjelang pernikahan. Pelaksaan pengajian ini memiliki tujuan mulia untuk mendapat keberkahan dan kelancaran menjelang hari H pernikahan, calon pengantin pun berharap doa-doa baik mengalir saat pengajian dan pastinya terkabul.

Setelah pelaksanaan pengajian, ada beberapa pasangan calon pengantin yang melanjutkannya dengan prosesi siraman atau ritual adat lainnya sebelum pernikahan. Sebelum melaksanakan acara pengajian, jangan lupa menyiapkan beberapa hal di bawah ini dari jauh-jauh hari ya. Supaya persiapannya matang dan tidak ada yang ketinggalan.

 

  1. Busana Muslim

Untuk menyesuaikan dengan acara pengajian, maka  busana yang di pakai adalah busana muslim. Biasanya pada acara pengajian pernikahan, model busana muslim yang sering di gunakan seperti kain kaftan atau gamis yang lengkap dengan detil yang akan mempercantik tampilan busana muslim saat di gunakan. Detil yang di maksud ialah seperti menambah bebatuan atau bordir, lalu di lengkapi dengan  kerudung yang berwarna senada.

  1. Makanan

Kamu bisa memilih ingin makan di tempat atau ingin memberikan makanan berupa berkat untuk di bawa pulang. Tetapi yang paling banyak di pilih ialah memberikan berkat yang di rasa lebih mudah dan praktis tanpa perlu menyiapkan makanan prasmanan. Selain  itu, kamu juga tidak perlu repot membersihkan rumah karna sisa makanan.

  1. Buku Pengajian

Sebenarnya untuk buku pengajian, pihak percetakan pastinya sudah memiliki template sendiri tanpa harus membuatnya sendiri. Tetapi kembali lagi kepada calon pengantin, apakah ingin menggunakan template yang sudah tersedia atau ingin menyusunnya sendiri.

Cetaklah buku pengajian yang jumlahnya sedikit lebih banyak dari tamu yang di undang di pengajian, hal ini untuk mengantisipasi buku pengajian yang bermasalah atau tamu yang datang lebih.

  1. Souvenir

Untuk acara pengajian, beberapa barang seperti sejadah, tasbih, mukena, dan peralatan muslim lainnya sering di jadikan sebagai souvenir saat pengajian. Jangan lupa untuk mencantumkan kartu ucapan terimakasih di dalamnya.

 

Nah, itudia beberapa persiapan yang bisa di siapkan dari jauh-jauh hari menjelang acara pengajian untuk pernikahan. Pengajian sebelum pernikahan memang tidak wajib di lakukan, tetapi ini sering di laksanakan untuk kelancaran dan keberkahan saat acara nanti, dan ini pun bisa di jadikan sebagai kesempatan untuk kamu meminta doa dari tamu undangan untuk kelancaran hari pernikahan nanti.

Memang ada beberapa pasangan pengantin yang setelah acara pengajian mengadakan upacara siraman atau upacara adat lainnya. Tetapi jika memang kamu tidak melaksanakan upacara adat apapun maka tidak masalah jika hanya pengajian saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *