Mengenal Jambu Kristal

Saat buah jambu biji tidak mempunyai biji, apa dia masih tetap dikatakan sebagai jambu biji? Atau cuma jambu? Berikut menariknya buah primadona satu ini.

Mengenal Jambu Kristal

Jambu kristal (Psidium guajava) ialah varietas jambu biji yang saat ini banyak disukai penduduk Indonesia.

Jambu kristal memiliki bentuk bundar atau cukup lonjong dengan basic bergelombang, ada pula yang rata bergantung varietasnya. Warna kulitnya hijau muda jelas berlapiskan lilin di kulitnya.

Daging buahnya berwarna putih bersih serta jernih, begitu tebal, renyah serta jadi dikit lunak searah dengan kematangan buah. Berat buah rata rata 300 g bahkan juga ada yang sampai 800 g.

Kelebihan yang sangat spesial ialah jumlahnya bijinya yang kurang dari 3 % sisi buah yang tidak didapatkan pada jambu biji type mana saja.

Buah yang satu ini tidak hanya manis serta beri kesegaran pula mempunyai banyak manfaat buat kesehatan, contohnya kandungan vitamin C tinggi yang bisa tingkatkan skema imunitas badan, antitumor, anti-oksidan, serta antiperadangan, dan dapat menahan penuaan awal.

Untuk Anda yang ingin membudi dayakan tanaman buah satu ini, ada banyak ketetapan yang perlu dilihat salah satunya ialah:

Tanaman jambu kristal bisa tumbuh di daerah dengan intensitas curah hujan pada 2.000-3.000 mm/tahun serta bisa tumbuh, berkembang serta berbuah dengan maksimal pada suhu seputar 20-30oC di siang hari.
Tanaman jambu kristal bisa tumbuh baik pada tempat yang subur serta gembur dengan derajat keasaman tanah (pH) pada 6-6,5 dan berdrainase baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *