Makanan Sehat yang Terbukti Ampuh Mencegah Munculnya Jerawat

 

Memiliki kulit yang bersih dan juga sehat merupakan suatu hal yang di dambakan oleh setiap orang, apalagi wanita. Sayangnya, beberapa faktor seperti stress, kelelahan, perubahan cuaca, bisa menyebabkan kulit jadi berjerawat.

Tapi tenang, karna ada beberapa jenis makanan yang terbukti ampuh untuk mencegah munculnya jerawat. Penasaran apa saja makanan itu? Simak terus informasinya ya.

 

Beberapa Makanan yang Bisa Membantu Mencegah Munculnya Jerawat :

Menambahkan salah satu dari beberapa jenis makanan di bawah ini kedalam menu harian kamu, bisa membantu menjaga kulit dari luar dan dalam. Sama halnya seperti pembersih kulit.

Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang memiliki banyak penggemarnya karna di dalamnya terdapat nutrisi yang baik untuk tubuh. Buah lezat yang satu ini di ketahui memiliki kandungan vitamin E yang dapat meningkatkan kelembaban dan kekenyalan kulit sehingga menjaga kulit tetap awet muda.

Alpukat juga memiliki kandungan vitamin C yang dapat mengurangi peradangan kulit dan menjadi pelembab alami untuk kulit.

Kacang-kacangan

Kebanyakan orang yang mengalami masalah jerawat ialah karna kekurangan kandungan mineral seperti seng dan selenium. Nah, kamu bisa mendapatkan nutrisi itu dari kacang-kacangan. Karena kacang-kacangan mengandung selenium, vitamin E, magnesium, tembaga, kalium, kalsium, mangan, dan zat-zat besi yang baik untuk kesehatan.

Buah Anggur Merah

Buah serta biji dari anggur merah memang kaya akan kandungan bahan kimia dan antioksidan yang terbukti dapat membantu mengobati peradangan pada kulit seperti eksim dan psoriasis. Tidak hanya itu saja, buah anggur merah pun bisa membantu mengatasi efek samping dari alergi pada kulit.

Brokoli

Brokoli merupakan makanan pembersih kulit alami yang sempurna. Brokoli di lengkapi dengan kandungan vitamin A, B, C, E, dan K yang baik untuk kesehatan tubuh. Bebagai antioksidan yang terdapat di dalam brokoli akan membantu melawan kerusakan pada kulit dan menjadikan kulit lebih bercahaya.

Ikan

Kebanyakan dari orang Indonesia lebih banyak mengkonsumsi daging dan ayam di bandingkan ikan sebagai asupan untuk protein. Padahal, nutrisi di dalam ikan sangatlah tinggi sehingga menawarkan manfaat kesehatan yang tidak perlu di ragukan lagi.

Bahkan, salah satu penelitian menyatakan kalau mengkonsumsi ikan berminyak seperti salmon, tuna, dan sarden di ketahui dapat membantu kulit yang lebih terlindungi dari jerawat. Hal ini karna kandungan lemak asam omega 3 dan omega 6 yang secara alami dapat meredakan peradangan yang menjadi pemicu penyumbatan sel serta menyebabkan jerawat.

Bawang Putih

Di dalam bawang putih terkandung zat kimia yang bernama allicin, yang ternyata senyawa aktif allicin ini mampu berfungsi sebagai antivirus, antimikroba, anti jamur yang bagus untuk mencegah munculnya jerawat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *