Makan Rambutan, Cara Manis Bakar Timbunan Lemak Dalam Tubuh

Makan Rambutan, Cara Manis Bakar Timbunan Lemak Dalam Tubuh

Rambutan merupakan jenis buah khas yang tunbuh di negara Asia. Buah dengan nama latin Nephelium lappaceum ini sepintas memiliki bentuk yang menyerupai leci dengan kulit yang tipis dan rambut seperti landak.

Sudah banyak penelitian kesehatan yang menyebutkan bahwa rambutan adalah buah super karena memiliki banyak manfaat sehat. Salah satunya adalah membakar kandungan serat dan kadar air yang tinggi.

Selain manfaat tersebut, berikut ini adalah khasiat lainnya yang bisa anda dapatkan dengan makan rambutan.

Tinggi zat besi

Rambutan sangat tinggi akan zat besi , nutrisi ini penting bagi tubuh untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh jaringan tubuh.

Mempercantik kulit dan rambut

Sebagai buah yang memiliki kadar air yang tinggi, maka mengkonsumsi rambutan bisa menghidrasi kulit dan rambut dengan baik. Hasilnya, kulit dan rambut pun jadi lebih cantic.

Kaya vitamin C

Rambutan memiliki kandungan vitamin c yang tinggi. Mengkonsumsi 10-12 buah rambutan bisa memberikan tubuh 75-90 mg asam askorbat. Nutrisi ini penting untuk mencegah kerusakan sel dan meningkatkan asimilasi zat besi dalam tubuh.

baca juga : jual bibit rambutan

Meningkatkan kualitas sperma

Kandungan vitamin c juga sangat penting bagi untuk kesehatn sperma pria.

Mencegah kanker

Penelitian dilakukan di Universiy of Chiang Mai, Thailand menemukan bahwa rambutan mengandung zat antioksidan yang disebut dengan flavonois. Zat ini bermanfaat untuk menurunkan kadarkoesterol serta memiliki sifat anti kanker.

Kaya nutrisi dan antioksidan

Sama seperti jenis buah pada umumnya, buah rambutan kaya akan serat, vitamin dan mineral. Setiap 100 gram daging rambutan mengandung 1,3-2 gram serat yang baik untuk tubuh. Bahkan, kandungan serat ini setara dengan apel, jeruk atau pir dalam berat yang sama.

Melancarkan pencernaan

Rambutan termasuk salah satu jenis buah-buahan yang baik untuk melancarkan pencernaan. Sekitar setengah daging buah rambutan mengandung serat tidak larut air. Maksudnya, jenis serat ini tidak menyatu dengan air dan langsung melewati system pencernaan.

Oleh sebab itu, sebagaian besar serat tidak larut air tadi langsung masuk ke system pencernaan dan mendorong kotoran di dalam usus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *