Ketika Rambut Tumbuh ke Dalam Seusai Bercukur

Ketika Rambut Tumbuh ke Dalam Seusai BercukurKeadaan rambut begini berlangsung saat ujung rambut menggulung kembali serta tumbuh kedalam kulit, mengakibatkan peradangan serta iritasi. Keadaan ini relatif berlangsung sesudah rambut dipotong sangat dekat dengan kulit, umpamanya ketika bercukur serta waxing obat herbal keputihan

Pria kulit hitam, umur 14-25 th., lebih punya potensi merasakannya. Ini karena mereka mempunyai rambut keriting atau ikal serta seringkali bercukur. Tetapi, siapa saja yang memiliki rambut keriting atau ikal dapat juga merasakannya.

Daerah janggut pada pria, yang mencakup dagu, pipi, serta terlebih leher adalah ruang yang paling riskan. Keadaan rambut tumbuh kedalam dapat juga berlangsung di kepala, umumnya sesudah rambutnya dicukur habis. Sedang pada wanita, sisi yang paling riskan adalah sisi ketiak, ruang pubis (sekitaran kemaluan), serta kaki.

Tandanya bisa berbentuk rambut yang terlihat tertanam dibawah kulit, warna kulit menggelap di sekitaran rambut yang tumbuh kedalam, tonjolan kecil bulat serta padat (papula), luka kecil bernanah serta melepuh (pustules), dan rasa nyeri serta gatal.

Apa yang Mengakibatkan Rambut Tumbuh ke Dalam?

Susunan serta arah tumbuh rambut adalah pemicunya. Satu folikel rambut keriting mungkin saja mendorong kembali rambut hingga masuk kedalam kulit sesudah dicukur.

Bercukur buat ujung rambut jadi tajam, terlebih bila rambut dalam keadaan kering waktu dicukur. Saat mulai berkembang kembali, rambut ini juga akan melengkung ke arah kulit serta menusuk masuk ke dalamnya (Extrafollicular penetration). Bila rambut dicukur hingga habis, rambut ini bisa tumbuh kedalam kulit tanpa ada sempat tumbuh ke luar kulit. Keadaan ini dimaksud Transfollicular penetration.

Transfollicular penetration bisa berlangsung bila mencukur dengan tehnik tweezing atau plucking (mencabut rambut dengan pinset). Diluar itu mencukur dengan pisau cukur bermata dua dapat juga menyebabkan keadaan ini.

Apa pun pemicunya, saat rambut telah menusuk masuk kedalam, kulit menganggapnya jadi benda asing—maka terjadi inflamasi.

Saat ini, apa yang dapat dikerjakan bila rambut tumbuh kedalam? Rambut itu mesti dilepaskan sebelumnya berlangsung infeksi, bagaimana langkahnya?

CARA MELEPASKAN RAMBUT YANG TUMBUH KE DALAM DENGAN AMAN

Bersihkan sisi sekitaran rambut memakai handuk atau sikat gigi berbulu halus. Gunakan air hangat serta bersihkan dengan pergerakan memutar/melingkar sepanjang sebagian menit.

Siapkan jarum yang telah disterilkan dengan alkohol. Masukan jarum ke bawah lengkungan rambut, lantas angkat ujung rambut yang melekat dengan perlahan.

Sesudah kulit bebas dari rambut yang tumbuh kedalam, bersihkan sekali lagi dengan air hangat. Langkah tersebut dikerjakan supaya rambut tak akan masuk kedalam kulit. Bila di rasa butuh, oleskan kulit dengan salep antiseptik untuk menghindar terjadinya infeksi.

Langkah paling simpel untuk hindari rambut tumbuh kedalam kulit yaitu dengan tidak mencukur rambut. Tetapi untuk umumnya orang, bercukur telah jadi aktivitas keseharian. Oleh karena itu, bercukurlah lewat cara aman serta senantiasa bersihkan kulit sebelumnya serta selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *