Ketahui Type Kulit Muka serta Langkah Merawatnya di Sini

Mengetahui type kulit muka sangat perlu untuk menolong Anda pilih product dan langkah perawatan yang pas. Yuk, simak penjelasan di bawah ini.Khasiat sari kurma

Seperti kulit biasanya, type kulit muka bisa dibagi jadi sebagian kelompok, yaitu type kulit normal, kulit berminyak, kulit kering, serta type kulit muka peka. Beberapa orang juga mempunyai type kulit gabungan di ruang yang berlainan. Type kulit muka tergantung pada sebagian aspek, yaitu kandungan air pada kulit yang juga akan merubah elastisitas kulit, kandungan minyak yang merubah kelembutan serta nutrisi kulit, dan tingkat kepekaan kulit pada zat spesifik. Type kulit Anda bisa beralih bersamaan bertambahnya umur atau karna dampak aspek beda, seperti aspek genetik serta penyakit yang terkena.

Mengetahui Type Kulit Muka serta Perawatan yang Tepat

Kulit muka normal

Mujur untuk Anda yang memiliki type kulit muka normal, karna type kulit ini relatif mempunyai keseimbangan pada jumlah kandungan air serta kandungan minyak, hingga tidaklah terlalu kering tapi juga tidaklah terlalu berminyak. Type kulit muka begini umumnya tidak sering mempunyai problem kulit, tidaklah terlalu peka, pori-pori juga nyaris tidak tampak, dan tampak bersinar.

Perawatan type kulit muka normal relatif lebih gampang, Anda cukup memakai perawatan kulit muka spesial untuk kulit normal. Pakai sabun pembersih muka yang lembut serta janganlah menggosok-gosok muka sangat kasar. Anda dapat mencuci muka dengan air hangat lantas dikeringkan. Bila Anda merasakan kulit jadi kering atau jadi berminyak, coba pembersih yang berlainan.

Kulit muka kering

Type kulit muka kering kurang mempunyai kelembaban di susunan kulit terluar. Hal semacam ini menyebabkan retakan pada permukaan kulit, dan juga akan merasa kering saat disentuh. Yang memiliki type kulit muka kering umumnya mempunyai pori-pori yang nyaris tidak tampak, permukaan luar kulit tampak kasar serta kusam, dan kulit kurang elastis. Kulit type ini lebih gampang memerah, gatal, bersisik, serta meradang. Kulit muka kering dapat dikarenakan atau diperburuk oleh aspek genetik, penuaan, perubahan hormon, cuaca dingin, cahaya matahari, radiasi ultraviolet, mandi air panas sangat lama, atau bahan yang terdapat dalam product sabun, kosmetik, pembersih, sampai obat-obatan.

Perawatan type kulit muka kering bisa mencakup :

Pakai pembersih muka yang lembut serta tidak memiliki kandungan alkohol atau aroma.

Jauhi mandi serta membersihkan muka dengan air hangat sangat lama.

Pakai pelembap tiap-tiap usai membersihkan muka.

Gunakanlah sabun pembersih muka dengan bahan yang melembapkan, seperti emolien atau colloidal oatmeal.

Kulit muka berminyak

Type kulit muka berminyak umumnya karna produksi sebum dari kelenjar sebaceous (kelenjar minyak) yang berlebihan. Sebum adalah zat minyak yang datang dari lemak. Sedang kelenjar sebaceous yaitu kelenjar yang ada dibawah permukaan kulit. Meski sebum berperan menolong membuat perlindungan serta melembapkan kulit, tetapi keunggulan sebum juga akan mengakibatkan kulit muka jadi berminyak, pori-pori terhalang serta menyebabkan jerawat. Mengenai aspek yang merubah tingginya produksi sebum pada kulit seorang yaitu aspek genetik, perubahan hormon, maupun stres. Type kulit muka berminyak relatif mempunyai pori-pori yang besar, tampak bercahaya tetapi kusam, serta umumnya dibarengi komedo, jerawat, dan noda hitam.

Perawatan type kulit muka berminyak dapat lewat cara :

Rajin membersihkan muka sehari-hari, paling tidak 2 x satu hari. Jauhi product pembersih muka dengan kandungan deterjen, serta pakai sabun pencuci muka yang lembut yang memiliki kandungan gliserin.

Kertas minyak. Meski tidak menghindar produksi sebum berlebihan, tetapi kertas minyak ini bisa menolong meminimalkan keunggulan minyak di muka.

Kosmetik clay. Kosmetik type ini menolong menyerap minyak di kulit muka serta menyembuhkan banyak keadaan kulit. Anda dapat juga memakai masker clay atau tanah liat jadi satu diantara perawatan.

Masker madu, masker telur-lemon, masker lidah buaya, masker tomat, masker almond, dan minyak jojoba dapat juga jadi perawatan untuk type kulit muka berminyak.

Jauhi makanan yg tidak sehat seperti makanan yang digoreng, makanan tinggi gula, serta makanan olahan.

Waktu kulit sangat berminyak, kurangi pemakaian make-up, terlebih foundation. Pastikan product berbasiskan air bukanlah berbasiskan minyak. Cari product memiliki loabel noncomedogenic yang relatif tidak menyumbat pori-pori.

Bila pembersih muka umum saja kurang kurangi kulit berminyak, coba product yang memiliki kandungan asam, seperti benzoil peroksida, asam salisilat, asam glikolat, atau asam beta-hidroksi.

Pakai product tabir surya dan pelembap yang bebas minyak.

Bila product yang di jual bebas di market kurang menolong menjaga kulit berminyak, Anda dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter kulit. Laser, chemical peel, serta cream yang digabung dengan tretinoin, adapalene, atau tazarotene bisa menolong menangani kulit berminyak.

Kulit muka sensitive

Type kulit muka peka mempunyai kepekaan yang rendah pada banyak hal. Type kulit ini gampang sekali alami alergi atau iritasi, dan ruam jadi reaksi pada aspek spesifik, seperti lingkungan, tanaman, makanan, serta bahkan juga product kosmetik. Kulit muka peka juga akan gampang alami kemerahan, gatal, kering, pengelupasan, dan terbakar saat berlangsung kontak dengan pemicunya.

Perawatan type kulit peka dapat dengan ketahui penyebab yang mengakibatkan reaksi alergi atau iritasi. Pakai sabun muka yang lembut serta cucilah dengan air hangat. Serta jauhi menggosok-gosok muka. Upayakan tidak untuk memakai product perawatan muka yang memiliki kandungan alkohol, asam, serta aroma. Coba untuk ganti product perawatan kulit Anda dengan product yang memiliki kandungan lidah buaya, chamomile, teh hijau, polifenol, serta gandum.

Kulit muka kombinasi

Type kulit muka gabungan yaitu kombinasi pada kulit berminyak serta kering. Seorang dengan type kulit gabungan umumnya mempunyai kulit berminyak yang terkonsentrasi di zona-T (dagu, hidung, serta dahi), sesaat pipinya tetaplah kering. Type kulit muka ini bisa di pengaruhi oleh aspek genetik serta masa puber, yaitu saat kelenjar minyak tingkatkan produksi sebum.

Kadang-kadang beragam product perawatan kulit muka diperlukan untuk menjaga kulit type ini. Perlakuan pada sisi muka juga sedikit berlainan, umpamanya pembersih enteng serta pelembap mungkin saja dibutuhkan di pipi, sesaat product anti-jerawat dengan benzoyl peroxide mungkin saja dibutuhkan di zona-T.

Apapun type kulit muka Anda, tetaplah pakai tabir surya untuk perlindungan dari radiasi ultraviolet, serta jauhi paparan cahaya matahari segera dengan kenakan kacamata atau topi bertepi lebar. Jauhi merokok serta jagalah konsumsi cairan Anda sehari-hari. Serta janganlah lupa untuk rajin membersihkan muka Anda sehari-hari serta memakai pelembap sesudahnya, terutama saat juga akan tidur. Jauhi juga tidur dengan muka masih tetap menggunakan make-up. Bila Anda menggunakan make-up, cocokkan dengan type kulit Anda.

Bila Anda masih tetap tidak percaya dengan type kulit muka Anda atau langkah paling baik untuk menjaga kulit muka Anda, berkonsultasilah dengan dokter spesialis kulit yang dapat mereferensikan perawatan kulit yang pas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *