Kenapa Produk Unik China Bisa Murah?

Kenapa Produk Unik China Bisa Murah
Kenapa Produk Unik China Bisa Murah

Bila anda perhatikan produk unik China memiliki harga yang relatif murah bila dibandingkan dengan harga produk lokal Indonesia dan juga dibandingkan harga produk dari negara lain. Memang banyak yang bilang bahwa kualitas barang dari China tidak sebagus dari negara lain, hal tersebut menyebabkan China mendapatkan julukan sebagai negara yang memproduksi barang dengan kualitas KW (kualitas yang buruk).

Padahal tidak semua barang dari China memiliki kualitas yang buruk, ada barang lain yang berkualitas tinggi dan bahkan mampu memenuhi standar internasional.

Ada beberapa faktor yang dapat membuat produk unik China memiliki harga yang sangat murah. Mulai dari dukungan pemerintah, memiliki berbagai macam kualitas untuk satu jenis barang, dan bahkan faktor perhitungan modal dengan menggunakan sistem kontainer. Berikut akan dibahas satu persatu.

  1. Dukungan Pemerintah

Untuk daerah di China yang memiliki potensi untuk memproduksi barang yang bagus, atau produk unik China, pemerintah akan membuat kebijakan yang akan membantu mempermudah produsen disana. Bahkan pemerintah mau untuk membebaskan pajak dan membantu subsidi produksi. Walaupun tidak disubsidi sebesar 100%, tapi hal tersebut tetaplah sangat membantu produsen disana.

  1. Berbagai macam kualitas untuk satu jenis barang

Produsen di China biasanya memiliki berbagai kualitas, dari yang buruk hingga kualitas premium hanya untuk satu jenis barang. Dengan begitu pembeli dapat menentukan sendiri dia mau membeli barang dengan kualitas seperti apa. Tentunya harga akan mengikuti kualitas yang ada.

  1. Modal dihitung dengan sistem container

Ketika membeli barang langsung dari China, biasanya akan ditawari langsung dengan jumlah yang sangat banyak. Misalnya 20 kontainer dengan harga barang perbuahnya hanya menjadi 1000 rupiah saja.

Padahal jika dihitung biaya produksi per buah, setidaknya membutuhkan biaya yang lebih besar, bisa mencapai 6000 rupiah.

Lalu kenapa bisa lebih murah, karena jika butuh 100 juta untuk memproduksi 40 kontainer, maka dia bisa menjual 100 juta untuk 20 kontainer. Lalu untuk 20 kontainer selanjutnya dapat dijual dengan harga 30 juta. Dengan begitu dia akan untung sangat besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *