Kelebihan Kubah Masjid Galvalum

Kelebihan Kubah Masjid Galvalum – Apabila kita mendengar kata Kubah,maka apa yang ada di dalam fikiran kita adalah sebuah bangunan yang sangat ikonik dengan tempat beribadah umat Islam yaitu Masjid. Padahal,perlu anda ketahui bahwa terdapat banyak sekali bangunan-bangunan selain masjid,yang menggunakan bentuk kubah pada bagian atapnya.

Kelebihan Kubah Masjid Galvalum

Jika kita bepergian ke negara di kawasan benua Eropa,maka kita akan banyak melihat bangunan-bangunan dengan arsitektur klasik,dengan sedikit kultul budaya kuno,yang mana pada zaman dahulu sudah meletakkan kubah pada bagian atapnya. Sebagai contoh saja terdapat bangunan bernama St. Basil Cathedral di Negara Rusia atau lebih tepatnya di Kota Moscow, yang mana merupakan salah satu icon dari kota Moscow,bangunan tersebut merupakan sebuah katedral atau gereja yang berdiri sangat megah dan indah dengan beberapa buah kubah pada atap bangunannya.

Kubah yang di letakkan pada atap bangunan sebuah masjid akan memberi kesan megah dan indah, selain itu kubah juga memberi tanda arah kiblat dari sisi luar dan reflector cahayanya dapat menerangi sisi dalam pada ruangan masjid.

Untuk Info Lanjut Dan Pemesanan,silahkan kunjungi laman web kami di https://hargakubahmasjid.com/

Untuk membuat sebuah Kubah Masjid yang indah dan terkesan megah, ada beberapa hal yang harus di persiapkan terlebih dahulu, diantaranya :

1. Membuat Desain
Membuat desain kubah masjid sangatlah penting. Di sini kita merencanakan model kubah bagaimana yang akan kita buat. Kita bisa menggunakan komputer dengan perangkat lunak AutoCAD atau bisa juga dengan perangkat lunak STAAD3 sehingga kita dapat dengan mudah mengoptimasi material sesuai dengan pembebananya yang selanjutnya diolah untuk mendapatkan dimensi komponen yang sesuai.

2. Menentukan Bahan

Langkah kedua adalah menentukan dari bahan apakah Kubah Masjid yang akan kita buat.

Karena masing-masing bahan mempunyai keunggulan dan kelemahan.

Ada beberapa bahan yang biasa digunakan dalam pembuatan kubah, antara lain :

  • Dari bahan Beton

Kubah yang dibuat dari bahan beton adalah kubah konvensional, karena sejak dulu nenek moyang kita membuat kubah dari bahan tanah atau beton.

Kelebihan kubah yang terbuat dari bahan beton adalah dari segi ketahanannya. Memang kubah yang terbuat dari bahan beton ini sangat kuat dan kokoh, dan hal ini terbukti dari banyaknya masjid-masjid bersejarah di Indonesia khusus nya yang mana pada bagian kubahnya terbuat dari bahan beton yang masih bisa kita lihat sampai saat ini walaupun usianya sudah ratusan bahkan ribuan tahun.

Seiring berkembangnya zaman, saat ini muncul yang namanya bahan beton fiber atau yang lebih dikenal dengan GRC (Glassfibre Reinforce Concrete). GRC merupakan alternatif atau pengganti bahan beton bertulang agar tampilan kubah menjadi lebih indah dan megah. Kelebihan menggunakan GRC adalah massa kubah menjadi lebih ringan karena bahan dari GRC yang merupakan jenis beton fiber yang mempunyai penguat serat berupa fiberglasss. Selain itu kubah akan lebih kokoh, tahan lama, pengerjaannya juga lebih mudah.

  • Dari bahan Baja Ringan seperti Enamel dan Galvalum

Selain dari bahan beton, pembuatan Kubah Masjid untuk saat ini juga lebih banyak menggunakan bahan lain yang tak kalah dengan bahan beton,yakni bahan dari baja ringan,atau dalam istilah lain disebut dengan dari Enamel dan Galvalum. Pemilihan kedua bahan ini bukan tanpa sebab,di karenakan bahwa kedua bahan yang terbuat dari baja ringan ini sangat mudah di dapatkan, terlebih juga mempunyai hanga yang relatif lebih murah, dan tentunya praktis.

Selain itu juga,bangunan kubah yang terbuat dari bahan baja ringan ini bila di cat,maka warna catnya tidak akan mudah pudar, dan tentunya mempunyai daya rekat yang sangat fleksibel, anti rayap, dan bisa menetralkan cuaca panas. Kelebihan Kubah Masjid Galvalum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *