Kegunaan Bunga Kamboja Kuburan

Kegunaan Bunga Kamboja Kuburan

Kamboja atau Plumeria merupakan bunga berkelopak 5 yang berasal dari Amerika Tengah. Kamboja biasa ditanama di kuburan-kuburan yang ada di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa. Entah mengapa bunga yang satu ini dipilih untuk menghiasi area pemakaman, sehingga akan menjadikannya kental dengan unsur mistis.

Namun beberapa belakangan terakhir, popularitas tanaman kamboja kian meningkat. Saat ini sudah banyak sekali yang menanam tanaman di halaman rumah dan tanaman sebagai penghias. Nursery atau toko bunga kebanyakan menyediakan jenis kamboja putih kuning, di mana jenis kamboja yang satu ini khas Indonesia.

Manfaat bunga kamboja ini memang dikenal sebagai bunga taman dan bunga kuburan. Tetapi lebih dari itu, kamboja dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit. Selain itu bunga kamboja dapat dimanfaatkan untuk membuat tempura, makanan ringan yang khas Jepang yang terbuat dari daging, buah, sayuran, ataupun rumput yang dibalut tepung lalu digoreng. Nah untuk selengkapnya, kami akan bagikan kegunaan bunga kamboja kuburan.

Kegunaan Bunga Kamboja Kuburan

 

  • Bahan Baku Obat Nyamuk

 

Banyak informasi yang telah beredar bahwa bunga kamboja kuburan dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan obat nyamuk. Hal ini sangat unik memang, biasanya kegiatan dalam mencari guguran kamboja dilakukan di kuburan. Disamping itu, dampak positifnya adalah area pemakaman akan menjadi bersih dari guguran bunga yang memang telah jatuh dari tangkainya.

 

  • Obat Anti Inflamasi

 

Khasiat bunga kamboja selanutnya adalah sebagai anti inflamasi,  artinya adalah mempunyai efek anti peradangan. Selama ini dunia medis telah mengenal obat-obat NSAID seperti Dexamethasone untuk anti inflamasi.

Namun sebenarnya obat tersebut keras dan efeknya dapat merusak hati apabila digunakan dalam jangka waktu yang lama. Nah bagi anda yang sekarang ini mengalami peradangan hebat, cobalah terapi dengan cara meminum air teh bunga kamboja.

 

  • Obat Sakit Gigi Alami

 

Tahukah anda bahwa sakit gigi yang dibiarkan begitu saja akan sangat berbahaya sekali untuk tubuh karena dapat menyebabkan peradangan kronis pada pulpa. Pada saatu pulpa meradang, tentunya orang akan merasa kesakitan sebab pulpa ini berisi syaraf-syaraf gigi.

Bukan rasa nyeri saja yang harus diwaspadai, tetapi juga pembengkakan, berdarah dan bahkan bernanah yang menjadi tanda infeksi sudah semakin parah. Jika dibiarkan begitu saja maka sakit  gigi ini akan berakibt fatal karena infeksi dapat meluas ke organ lain, dan bahkan dapat menyebabkan tumor.

Maka dari itu, segera atasi sakit gigi anda dengan menggunakan getah kamboja. Jika rasa nyerinya sudah sembuh, anda harus segera lakukan Root Canal Treatment atau opsi yang paling akhir adalah pencabutan  gigi.

Demikian ulasan kami tentang kegunaan bunga kamboja kuburan. Semoga apa yang kami sampaikan ini bermanfaat untuk kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *