Jual Ikan Koi Cara Memilih Indukan Berkualitas yang Menghasilkan Bibit Unggul

Untuk membuahkan bibit jual ikan koi yang baik, salah satunya perihal terpenting yang perlu dilihat ialah penentuan induk ikan koi yang bagus. Pilih ikan koi jantan serta betina menjadi indukan yang baik sebaiknya koi yang sudah masak serta cukuplah dewasa. Perihal ini diikuti dengan postur badan yang sudah mencukupi. Prasyarat indukan jantan ialah cukuplah masak agar bisa membuahkan sel sperma, sedang pada indukan betina telah dapat membuahkan sel telur. Indukan yang baik bisa membuahkan sel telur serta sel sperma yang sehat.

Dengan fisik, badan indukan yang baik mempunyai badan yang sehat, tidak cacat, mempunyai sirip serta sisik dengan komplet. Indukan yang baik bisa berjalan dengan seimbang serta tidak loyo. Kesetimbangan berenang adalah tanda-tanda dari sirip dada serta sirip punggung yang seimbang kanan serta kirinya. Baiknya, koi jantan yang sudah masak berumur seputar 3 tahun. Koi betina menjadi indukan, sekurang-kurangnya sudah berumur 2 tahun. Biasanya, indukan koi betina memiliki ukuran semakin besar dari koi jantannya. Tampak dari perut ikan koi betina yang terlihat semakin besar dari punggungnya, sedang koi jantan terlihat lebih langsing bila disaksikan dari punggungnya. Ciri lainnya dari ikan koi yang siap kawin ialah timbulnya bintik-bintik berwarna putih pada badan koi. Sinyal ini tidak tampil saat normal.

Indukan ikan koi yang baik harus juga penuhi prasyarat untuk setiap type ikan koi. Ikan koi yang baik mesti jelas menjadi kohaku, showa, kobbe, atau type yang lain. Di samping indukan yang baik, untuk membuahkan keturunan yang baik nanti, perihal terpenting yang perlu dilihat kembali ialah langkah pemijahan ikan koi. Sebab ini ialah proses yang cukuplah membutuhkan kecermatan, kita akan mengulasnya di bagian spesial dari web ini mengenai langkah pemijahan jual ikan koi.

Memilih bibit ikan koi yang akan digunakan sebagai ikan kontes memiliki persyaratan yang lebih kompleks dibandingkan jika akan digunakan sebagai ikan hias biasa.Tidak hanya keindahan yang disukai sendiri, tetapi ikan koi untuk keperluan kontes harus mengikuti standart penjurian kontes ikan koi.Tetapi, secara umum untuk memilih bibit jual ikan koi yang baik, yang perlu diperhatikan adalah indukan yang jelas, kondisi kesehatan kolam breeder indukan, dan keindahan warna ikan koi yang akan kita pilih. Untuk mengetahui kualitas pemeliharaan ikan koi yang baik setidaknya perlu diketahui parameter-parameter dalam kolam yang diperlukan. Pada saat anda membeli bibit ikan koi, setidaknya anda perlu memeriksa kondisi kesehatan ikan koi di dalam kolam, perhatikan dan pastikan tidak ada ikan yang terkena gejala sakit, jika anda ingin mengetahui gejala ikan yang sakit, coba baca artikel yang telah dibahas sebelumnya berkaitan dengan penyakit ikan koi.

Disarankan membeli bibit jual ikan koi dengan ukuran sekitar 10 cm. Hal ini dengen pertimbangan, harganya cukup murah. Jika kita masih pemula, ukuran ini cukup ideal untuk mengetahui perkembangan ikan koi dari kecil sampai besar. Pakan yang diperlukan juga belum terlalu banyak. Perawatannya juga lebih mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *