Jokowi Minta Peremajaan Usai Lihat Pohon Sawit Tua di Riau

Jokowi Minta Peremajaan Usai Lihat Pohon Sawit Tua di Riau

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan pentingnya selekasnya ada peremajaan perkebunan sawit yang telah berumur tua.

” Saya saksikan ini pohon-pohon disini telah berapakah th., 30 th.. Harusnya memanglah ini harusnya kita remajakan mulai sejak dahulu. Kita ini terlambat meremajakan, ” tutur Jokowi, di Rokan Hilir, Riau, Rabu (9/5/2018).

Dalam sambutan peresmian program peremajaan perkebunan sawit rakyat di Kabupaten Rokan Hilir itu, Jokowi menyinggung juga masalah kwalitas kelapa sawit di perkebunan rakyat yang masih tetap jauh berlainan dengan hasil perkebunan punya perusahaan swasta.

” Bila kita banding dengan perusahaan swasta dengan yang dipunyai rakyat hasil produksinya berlainan jauh, 2 x lipat. Berikut (argumen) pemerintah lakukan peremajaan diawali dari penentuan bibit yang baik, ” kata Jokowi.

Di Kabupaten Rokan Hilir, peremajaan yang diresmikan Jokowi itu meliputi lahan seluas 15. 000 hektar serta melibatkan 5. 000 petani swadaya.

Dengan nasional, Jokowi membidik 185. 000 hektar perkebunan sawit punya rakyat di semua Indonesia juga akan dapat diremajakan. Mengenai spesial di Propinsi Riau, dibanderol tujuan peremajaan 25. 000 hektar perkebunan kelapa sawit.

” Juga diberi dana dari BPDP tiap-tiap hektar Rp 25 juta untuk menumbangkan pohon ini, sesudah rubuh untuk penanaman, mempersiapkan bibit kelapa sawitnya, juga pembersihannya, ” ungkap Jokowi.

Pembiayaan proses program peremajaan ini memakai dana pungutan export product sawit yang dikelola oleh Tubuh Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS). Alokasinya, seperti dimaksud Jokowi, yaitu Rp 25 Juta per hektar.

Pendanaan peremajaan juga sangat mungkin dipadukan dengan dana swadaya petani serta perbankan atau sumber pendanaan beda yang bisa mengurangi beban petani.

Dalam peluang ini Presiden Jokowi juga meluangkan diri lakukan penanaman bibit pohon sawit serta membagi-bagikan sertifikat lahan pada beberapa petani kelapa sawit. Ada disana dengan Jokowi diantaranya Menteri Koordinator Bagian Perekonomian Darmin Nasution dan Menteri Agraria serta Tata Ruangan Sofyan Djalil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *