Hak Dan Kewajiban Para Penghuni Apartemen

Apartemen atau istilah sederhananya adalah rumah susun merupakan bangunan yang bertingkat untuk dihuni yang di dalam setiap unitnya bisa dimiliki secara terpisah. Sebagai bangunan yang bisa dimiliki secara terpisah, setiap penghuni bangunan apartemen memiliki batasan dalam memanfaatkan ruangan di dalam apartemen. Di setiap apartemen dikenal dengan istilah bagian bersama, tanah bersama, dan benda bersama. Ketiga hal tersebut merupakan hak bersama dari penghuni apartemen yang tidak bisa dimiliki secara individu. Setiap penghuni dari apartemen memiliki hak dipilih atau memilih menjadi pengurus di setiap bangunan apartemen. Setiap kegiatan dari rapat umum yang diadakan mereka memiliki kesempatan untuk menyuarakan serta menentukan hal-hal yang menyangkut atat tertib serta pemakaian fasilitas.

Trendsetter tinggal di apartemen memang bukan isapan jempol semata. Belakangan ini banyak sekali pihak yang memutuskan untuk memilih tinggal di apartemen karena alasan tertentu. Salah satu alasan yang cukup jelas dan menjadi penguat adalah efektifitas akses yang harus mereka tempuh ketika menuju ke tempat hiburan atau pun tempat kerja mereka. Tidak bisa dipungkiri, kemacetan yang melanda kota besar seperti Jakarta memang menuntut masyarakatnya untuk bertindak cerdas sehingga tetap aman dan lancar dalam melakukan mobilitas tanpa harus memperdulikan kemacetan yang mendera. Maka dari itu, banyak sekali masyarakat dari berbagai kalangan yang lebih memilih untuk tinggal di apartemen jika dibandingkan di rumah mereka sendiri. Selain alasan kepraktisan, tinggal di apartemen tidak membutuhkan banyak budget untuk transportasi. Tidak hanya itu saja, kini di era modern telah banyak pilihan dari bangunan unit apartemen yang bisa kita pilih sesuai dengan jenis yang ditawarkan dan pastinya sesuai dengan budget yang kita miliki. Sangat menarik bukan? jika dulunya kita hanya beranggapan bahwa tinggal di apartemen adalah hak dari orang-orang kaya dan borjuis semata, namun kini tinggal atau bahkan memiliki apartemen merupakan kesempatan bagi semua kalangan.

Ketika memutuskan diri untuk tinggal di apartemen, sudah pasti ada beberapa hal yang wajib dan mesti untuk dilakukan. Ada peraturan yang memang sudah ditetapkan bersama dan tentu saja dipimpin oleh pengurus yang harus kita taati sebagai penghuni unit apartemen. Peraturan tersebut sudah pasti menyangkut masalah kemaslahatan bersama. Bayangkan saja jika dalam suatu rusun tidak ada aturan yang bisa kita jadikan sebagai pegangan, sudah pasti akan membuat kita sebagai penghuni akan merasa terganggu. Selain ada peraturan yang harus kita patuhi, sebagai penghuni kita pun juga memiliki hak serta kewajiban yang harus kita penuhi.

Hak dan kewajiban pemilik dan penghuni apartemen

Pemilik suatu rumah susun atau apartemen memiliki hak serta kewajiban yang telah diatur oleh peraturan pemerintah No. 4 tahun 1988 tentang rumah susun. Berikut sedikit cuplikan aturannya.

Pasal 61 PP No. 4 tahun 1988.

Ayat (1) setiap penghuni memiliki hak untuk:1. Memanfaatkan rumah susun serta lingkungannya termasuk bagian bersama, tanah bersama, dan benda bersama secara tertib dan aman.2. Penghuni rumah susun mendapatkan perlindungan sesuai dengan anggaran rumah tangga serta anggaran dasar.3. Dipilih menjadi anggota pengurus perhimpunan penghuni serta memiliki hak untuk memilih.

Ayat (2) setiap penghuni wajib untuk:1. Mematuhi serta melaksanakan segala peraturan tata tertib dalam suatu rumah susun dan lingkungannya berdasarkan anggaran rumah tangga serta anggaran dasar2. Membayar iuran premi asuransi kebakaran dan iuran pengelolaan3. Melakukan pemeliharaan rumah susun serta lingkungannya termasuk bagian bersama, tanah bersama, dan benda bersama.

Ayat (3) setiap penghuni dilarang:1. Melakukan kegiatan yang membahayakan jiwa serta keamanan, ketertiban serta keselamatan bagi penghuni lain serta lingkungannya. 2. Mengubah bentuk atau menambah bangunan di luar satuan rumah susun tanpa persetujuan dari perhimpunan penghuni.

Hak penghuni atau pemilik dalam (PPRS) Perhimpunan Penghuni Rumah Susun

Selain hak dan juga kewajiban yang memang telah diatur dalam PP seperti yang telah diuraikan di atas, penghuni yang menjadi anggota dari PPRS memiliki hak suara ketika melakukan rapat umum. PPRS merupakan badan hukum yang sah serta satu-satunya badan yang memiliki hak untuk mengelola aset apartemen serta mengatur peraturan. Penghuni bisa menyuarakan berbagai pendapat yang mereka miliki dalam setiap rapat umum. Hak suara ini terbagi menjadi tiga kategori:

1. Hak suara penghunian: hak suara yang digunakan untuk menentukan hal-hal yang menyangkut tata tertib, pemakaian fasilitas serta kewajiban pembayaran iuran atas pengelolaan serta asuransi kebakaran terhadap hak bersama seperti benda bersama, tanah bersama, dan benda bersama.

2. Hal suara pengelolaan: hak suara angora PPRS untuk menentukan hal-hal yang berkaitan dengan pemeliharaan, perbaikan, serta pembangunan prasarana lingkungan.

3. Hak suara pemilikan: hak suara ini digunakan untuk menentukan hal yang menyangkut hubungan antara sesame penghuni satuan rumah susun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *