Fimosis

Fimosis

Fimosis yaitu kelainan pada pria yang belum juga disunat di mana kulup penis menempel kencang pada kepala penis hingga tidak bisa ditarik ke belakang melalui kepala penis. Keadaan ini umum berlangsung pada anak berumur dua sampai enam th.. Seiring berjalannya waktu, kulup penis semestinya mulai terpisah dari kepala penis dengan alami Tetapi, untuk sebagian anak, kulup penis masih tetap belum juga bisa ditarik ke belakang sampai umur 17 thn baca juga 

Fimosis masih tetap dipandang lumrah serta tidak menyebabkan problem sepanjang berlangsung saat bayi serta balita. Tetapi, bila keadaan ini tinggal sampai anak telah semakin besar atau bahkan juga dewasaatau menyebabkan tanda yang mengganggu (umpamanya susah buang air kecil), jadi dibutuhkan pertolongan dengan medis secepat-cepatnya, sebelumnya mengakibatkan masalah kesehatan yang lebih jauh.

fimosis

Tanda Fimosis

Fimosis pada umumnya tidak menyebabkan rasa nyeri atau tanda apapun. Tetapi, pasien fimosis kadang-kadang susah bersihkan kotoran dibawah kulup penis hingga buat penis rawan terserang infeksi. Dalam masalah infeksi yang kronis, tanda yang keluar bisa berbentuk kulit penis berwarna merah, bengkak atau nyeri. Lebih jauh sekali lagi, fimosis dapat juga menyebabkan kesusahan dalam buang air kecil atau masalah dalam jalinan seksual, seperti nyeri, kulit penis pecah-pecah, atau kurang rasakan sensasi waktu terkait seksual.

Penyebabnya Fimosis

Terkecuali bawaan dari lahir, fimosis bisa dikarenakan oleh :

Problem medis. Keadaan yang bisa mengakibatkan terjadinya fimosis yaitu penyakit diabetes. Penyakit ini buat penderitanya rawan terserang infeksi yang bisa membuat jaringan parut pada kulup, hingga buat kulit jadi tidak lentur serta susah ditarik. Sebagian infeksi yang bisa dihadapi pasien yakni balanitis (peradangan pada kepala penis) serta balanoposthitis (peradangan pada kulup serta kepala penis). Infeksi yang lain yang bisa menyebabkan fimosis bisa disebarkan lewat jalinan seksual. Keadaan ini seringkali dihadapi pria dewasa. Diluar itu, sebagian masalah pada kulit dapat juga mengakibatkan timbulnya fimosis, diantaranya psosiaris, lichen sclerosus (lesi pada kulup atau kadang-kadang kepala penis), lichen planus (ruam gatal non-infeksi), dan eksim yang buat kulit berwarna merah, gatal, pecah-pecah serta kering.

Umur. Umur tua mengakibatkan menyusutnya kelenturan kulup hingga susah ditarik.

Tarikan serta peregangan yang keras. Ke-2 hal itu bisa buat kulit kulup robek serta alami peradangan, sampai menghadap pada fimosis.

Diagnosis Fimosis

Diagnosis fimosis bisa diputuskan cuma dengan anamnesa kisah penyakit serta kontrol fisik sederhana di bagian penis. Tes kelanjutan tidak sering diperlukan dalam masalah ini.

Penyembuhan Fimosis

Beberapa besar masalah fimosis bukanlah adalah problem yang serius serta tidak memerlukan penyembuhan spesifik. Tetapi, bila keadaan ini menyebabkan tanda yang mengganggu aktivitas seorang, dokter bisa berikan obat-obatan untuk memperingan tanda yang terkena. Obat-obatan itu diantaranya :

Steroid temaal. Obat yang memiliki kandungan kortikosteroid ini ada berbentuk cream, gel, atau salep. Obat steroid bisa menolong melenturkan kulup hingga mempermudah untuk ditarik.

Cream antijamur. Cream ini diberi pada pasien yang alami infeksi karna jamur.

Antibiotik. Obat ini diperlikan untuk menangani infeksi yang berlangsung karna bakteri.

Untuk pasien fimosis dewasa yang juga akan beraktivitas seksual, dokter umumnya juga akan merekomendasikan pemakaian kondom serta pelumas di samping obat-obatan diatas, untuk menghindar rasa tidak nyaman atau nyeri saat lakukan jalinan.

Bila infeksi berlangsung dengan berulang walau telah diatasi dengan obat-obatan, dokter peluang juga akan merekomendasikan dikerjakannya sirkumsisi atau sunat.

Mencegah Fimosis

Manfaat menghindar terjadinya atau terulangnya fimosis, dianjurkan untuk selalu melindungi kebersihan penis lewat cara :

Membersihkan penis sehari-hari dengan air hangat waktu mandi. Hal semacam ini juga butuh dikerjakan pada pria yang sudah disunat.

Memakai sabun enteng yg tidak memiliki kandungan minyak wangi serta hindari pemakaian talk atau deodoran pada penis untuk kurangi resiko iritasi pada organ itu.

Tariklah kulup penis perlahan-lahan manfaat bersihkan kulit dibawah kulup serta janganlah menarik kulup dengan keras karna bisa menyebabkan nyeri serta luka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *