CHOLANGIOCARCINOMA

CHOLANGIOCARCINOMA

Cholangiocarcinoma atau kanker saluran empedu yaitu sel kanker yang tumbuh pada saluran empedu. Peranan seluran empedu tersebut yaitu untuk menyatukan serta mengalirkan cairan dari hati serta kantong empedu menuju usus halus, manfaat mengolah lemak pada makanan vitamin anak 

Kanker saluran empedu bisa berlangsung dibagian mana juga pada saluran empedu. Kanker yang keluar pada saluran empedu didalam organ hati dimaksud intrahepatic cholangiocarcinoma. Kanker ini kadang-kadang dikelompokkan jadi kanker hati. Sedang kanker pada saluran empedu diluar organ hati dimaksud hilar cholangiocarcinoma atau perihilal cholangiocarcinoma. Kanker saluran empedu dapat juga tumbuh dibawah saluran empedu dekat usus halus serta dikatakan sebagai distal cholangiocarcinoma.

Cholangiocarcinoma

Kanker ini dapat menembus dinding saluran empedu serta menyerang organ atau jaringan di sekelilingnya. Pada tingkat yang lebih kronis, kanker bisa menebar ke kelenjar getah bening yang ada di dekatnya. Saat penebaran kanker saluran empedu menjangkau organ beda pada badan, jadi keadaan penyakit ini telah masuk step yang paling kronis. Penebaran itu umumnya berlangsung pada organ hati, dinding rongga perut, atau paru-paru. Walau penebarannya dapat amat cepat, kanker saluran empedu termasuk juga langka berlangsung.

Kanker saluran empedu masih tetap bisa sembuh bila terdiagnosis pada fase awal. Tetapi bila telah masuk fase selanjutnya, penyakit ini makin susah diobati. Tanda kanker saluran empedu umumnya baru keluar atau merasa bila kanker telah cukup besar serta menghambat saluran empedu.

Tanda Cholangiocarcinoma

Tanda yang muncul pada pasien cholangiocarcinoma (kanker saluran empedu) yaitu :

Demam dengan suhu menjangkau 38 derajat cesius atau lebih.

Menggigil.

Badan merasa capek.

Penurunan berat serta dan selera makan menyusut.

Tinja berwarna jelas dengan warna air seni yang gelap.

Perut jadi bengkak serta merasa nyeri.

Kulit merasa begitu gatal.

Warna mata serta kulit jadi kuning.

Mual serta muntah.

Penyebabnya Cholangiocarcinoma

Beberapa besar cholangiocarcinoma (kanker saluran empedu) bisa berkembang tanpa ada penyebabnya yang pasti. Meski sekian, kanker ini berlangsung saat sel dalam saluran empedu alami mutasi pada DNA-nya. Mengakibatkan, sel tumbuh tidak teratasi serta membuat tumor atau sel kanker dalam jumlah banyak.

Walau penyebabnya tentu belum juga di ketahui, sebagian keadaan bisa jadi besar resiko terserang kanker saluran empedu. Keadaan itu mencakup :

Kelainan saluran empedu mulai sejak lahir, seperti kista koledokus.

Problem pada hati, seperti penyakit hati kritis, infeksi parasit pada hati, atau batu bilier dalam hati.

Terpajan bahan kimia atau toksin spesifik, sepert torium dioksida (ThO2).

Beberapa orang lanjut usia mempunyai resiko tinggi terserang penyakit kanker saluran empedu.

Rutinitas merokok.

Diagnosis Cholangiocarcinoma

Prosedur penetapan diagnosis cholangiocarcinoma (kanker saluran empedu) mencakup kontrol fisik serta rangkaian tes. Pelaksaan tes tersebut di antaranya :

Tes darah manfaat lihat sinyal tanda kanker dengan mengecek kandungan antigen kanker 19-9 dalam darah serta peranan organ hati.

Tes pemindaian, seperti USG, CT scan atau MRI manfaat lihat keadaan tidak normal yang memberikan indikasi kanker saluran empedu.

Endoscopic retrograde cholangiopancreatography (ERCP) atau endoskopi saluran empedu manfaat mengecek saluran empedu sampai usus halus.

Biopsi dengan ambil sampel jaringan saluran empedu untuk di check dengan mikroskop.

Percutaneous transhepatic cholangiography (PTC) untuk lihat saluran empedu yang lebih detil.

Penyembuhan Cholangiocarcinoma

Perlakuan cholangiocarcinoma (kanker saluran empedu) mempunyai tujuan untuk menangani tanda yang muncul serta mengobati kanker itu, serta sebisa-bisanya dikerjakan di step awal kanker berlangsung. Pilihan paling utama penyembuhan kanker saluran empedu yaitu lewat operasi, salah satunya :

Laparoskopi. Disini dokter juga akan buat satu sayatan kecil di perut. Maksud prosedur ini yaitu untuk menyingkirkan sel kanker sebanyak-banyaknya. Pada masalah kanker yang telah masuk tingkat keparahan selanjutnya, terkecuali saluran empedu, dokter juga peluang juga akan sangat terpaksa mengangkat kantong empedu, kelenjar getah bening, serta beberapa hati atau pankreas yang berada di sekitaran saluran empedu.

Pemasangan tabung (stent) yang bisa melebarkan saluran empedu serta menahan saluran itu supaya tetaplah terbuka. Maksud dikerjakannya prosedur ini yaitu untuk buka penyumbatan yang berlangsung didalam saluran empedu. Pemasangan stent dikerjakan dengan alat endoskop.

Tranplantasi hati dengan ambil organ hati pasien serta menggantinya dengan organ hati dari donor. Aksi ini dikerjakan untuk mengobati hilar cholangicarcinoma.

Drainase bilier dengan operasi bypass untuk kembalikan penyaluran cairan dari saluran empedu yang terganggu karna kanker.

Pililhan beda penyembuhan kanker saluran empedu yaitu lewat penyembuhan untuk membunuh beberapa sel kanker atau perlambat perubahan sel kanker. Penyembuhan itu diantaranya dengan :

Therapy radiasi. Ini adalah therapy dengan memakai cahaya radiasi serta proton yang mempunyai tujuan untuk menghancurkan sel kanker dengan mengarahkan cahaya radiasi ke ruang badan yang dituju. Therapy ini dapat juga dikerjakan lewat cara menempatkan bahan radioaktif pada badan dekat tempat yang terserang kanker. Efek-efek samping yang berisiko berlangsung dari therapy radiasi yaitu diare, badan merasa capek, kulit berwarna merah, serta kerontokan rambut pada daerah yang diterapi. Umumnya resikonya itu juga akan hilang demikian therapy dihentikan.

Kemoterapi, yakni therapy dengan memakai obat-obatan untuk membunuh sel kanker serta dapat diberi sebelumnya lakukan transplantasi hati. Terkecuali membunuh sel kanker, therapy ini dapat juga menolong kurangi tanda kanker yang dirasa oleh pasien. Resikonya dari therapy ini dapat berbentuk rambut rontok, capek, serta resiko infeksi.

Therapy fotodinamik. Therapy ini mempunyai tujuan untuk menangani tanda kanker serta menghalangi perkembangan sel kanker lewat cara menyuntikkan bahan kimia kedalam pembuluh vena. Kemudian, penyinaran sinar laser juga akan dikerjakan dengan keinginan menyebabkan reaksi kimia yang bisa membunuh sel kanker.

Terkecuali operasi serta beragam therapy penyembuhan untuk membunuh beberapa sel kanker, dokter dapat juga memberi obat opioid (umpamanya morfin) untuk meredakan rasa sakit. Walau dapat dibuktikan begitu efisien dalam menyingkirkan rasa sakit, dampak obat-obatan ini yang bisa buat pasien kanker jadi terus-menerus mengantuk atau kecanduan.

Saat Penyembuhan

Sesudah penyembuhan dinyatakan usai, pasien masih tetap butuh alami kontrol dengan berkala, begitu halnya pemindaian dan tes laboratorium manfaat ketahui perubahan keadaan serta resikonya karena penyembuhan. Sepanjang satu tahun lebih sesudah penyembuhan selesai, dokter umumnya juga akan menyarankan kontrol teratur tiap-tiap enam bln..

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *