Cara Merawat Tanaman Buah Jambu Kristal Sampai Panen

Cara Merawat Tanaman Buah Jambu Kristal Sampai Panen

Jambu kristal adalah salah satu jenis jambu yang banyak dicari dan disukai oleh banyak orang. Mengapa? Karena rasa buahnya yang manis, memiliki sedikit biji dan mudah untuk dipelihara. Nah, tunggu apa lagi yuk kita sipak panduan cara merawat tanaman buah jambu kristal ini.

  1. Pemeliharan Harian Jambu Kristal

Anda tidak boleh mengabaikan hal-hal kecil yang mungkin sering disepelekan dalam pemeliharaan harian seperti cara membasmi hama pada daun jambu. Karena ini akan menentukan keoptimalan panen dari jambu nantinya.

baca juga : jual bibit tanaman buah

  • lakukan penyiangan dengan cara membuang bagian dari tunas yang muncul dan menempel pada batang indukan utama. Penyiangan ini tidak lain bertujuan untuk maksimalnya pertumbuhan buah dan ukurannya bisa lebih besar dan tentu saja buahnya akan menjadi lebih manis.
  • Begitu juga dengan pengelolaan tanah, jangan lupa untuk selalu mengolah tanah dan usahakan tanah tempat penanaman dari tumbuhan jambu kristal ini tetap subur dan gembur. Ini akan diperuntukan untuk pertumbuhan maksimal dari jambu kristal dan tanaman akan tumbuh dengan kuat.
  • Lakukan juga penyulaman dan penjarangan agar nantinya tumbuhan bisa bebas dari gangguan gulma penggangu yang akan merusak pertumbuhannya. Sebelum melakukan metode ini pastikan bagian tanaman memang sudah bersih dari beragam gulma dan jika memang ada bibit tanaman yang sudah terlanjur rusak dan hampir mati maka ganti saja dengan bibit tanaman yang baru.
  • Lakukan pemangkasan atau perempelan yang akan terjadi di ujung tanaman setelah tumbuhan jambu kristal ini nantinya menginjak usia 2 tahu. Ini diperuntukan untuk pertumbuhan daun yang subur yang akan memicu proses pertumbuhan buah.

  1. Proses Pemupukan Tanaman

anda juga harus mengetahui kapan harus melakuakan pemangkasan atau perempelan untuk jambu kristal ini. Biasanya proses ini akan segera dilakukan jika tumbuhan jau kristal sudah mulai berusia 2 tahun.bahkan ini merupakan proses yang akan segera dilakukan setelah pemanenan.

  1. Pemupukan Tanaman

Agar tumbuhan jambu kristal ini tumbuh dengan baik dan subur maka setidaknya lakukan pemupukan secara berkala. Anda bisa melakukan pemupukan ketika berumur 0 hingga 1 tahun sedangkan jenis pupuk yang akan diberikan adalah pupuk campuran : TSP, Pupuk Kandang, ZK dan Urea. Taburkan pupuk di sekitar tanaman atau and ajuga bisa dnegan cara melubangi tanah dan masukan pupuk sedalam 30 cm.

  1. Proses Pengairan Serta penyiraman

Anda bisa melakukan penyiraman setelah bibit yang didapat dari hasil transpalasi maupun cankokan setelah 2 minggu lamanya. Penyiraman ini sendiri cukup dilakukan 2 kali sehari. Setelah bibit tumbuh dengan baik maka kurangi intensitas penyiraman hanya menjadi sekali setiap hari nya.

Dan usahakan anda menjauhkan bibit tanaman ini dari area yang mudah mendapatkan genangan air ketika hujan lebat melanda. Jika memang tidak memungkinkan maka gunakan saja parit yang dibuat secara manual. Ini akan memudahkan jalur air anda untuk mengalir dan lakukan saja panyiraman setiap pagi atau sore.

  1. Cara Pengendalian Hama Dan Penyakit

Tidak jarang hal sering menyebabkan hasil panen tidak optimal adalah masalah hama maupun penyakit yang menyerang tanaman kita. Nah untuk masalah penyakit maupun hama tanaman jambu kristal ini kami akan mengulasnya, di bawah ini :

Kutu putih, ulat daun, jamur karat merah, kumbang buah, lalat buah, kutu putih dan jamur embun adalah jenis penyakit dan hama yang sering menyerang jambu kristal.

Gunakan metode membungkus buah agar bisa menjadi pengendalian dan pencegahan hama yang akan merusak kualitas buah.

Gunakan pengontrolan menggunakan penyemprotan insektisida, umpan beracun serta menggunakan air rebusan pala.

Air rebusan pala ini mengandung senayawa metyl eugenol yang bisa mebasmi hama dan penyakit jambu kristal sedangkan insektisida sebaiknya gunakan yang mengandung zat aktif metyl eugenol serta yang memiliki kandungan Chloropyrifos.

  1. Cara Pembungkusan Buah

Agar bisa menghindari serangan hama seperti yang dijelaskan pada poin sebelumnya diperlukan metode pembungkusan buah seperti :

Gunakan plastik bening dan lakukan pembungkusan buah ini setelah kelopak buah hampir jatuh. Sebaiknya gunakan dulu jaring buah sebelum melakuakn pembungkudan buah menggunakan plastik bening ini, biasanya jaring buah adalah bahan yang menggunakan sterogorm.

Ada 2 cara dalam pembungkusan buah jambu kristal ini. Pertama anda bisa langsung mengikat plastik di daerah tangkai daun.

Anda juga bisa mengikat plastik di bagian cabang dari buah jambu kristal ini. Metode kedua akan lebih aman dimana jika terkena angin jambu akan berada di dalam plastik dan tidak mudah putus.

  1. Pemanenan

Jika and amenanam bibit jambu kristal yang berasal dari cangkokan maka biasanya akan bisa mulai dipanen setelah berumur 6 bulan dan metode penanaman bibit yang berasal dari cangkok disinyalir menghasilkan bua yang lih cepat. namun jika dari bibit biasa maka harus menunggu hingga sekitar 2 tahun agar bisa dipanen

Cara Budidaya Jambu Kristal

Dengan tawaran harga yang cukup tinggi ini, tentu saja menarik orang untuk melakukan buddaya jambu kristal ini. Baik dengan sekala kecil mataupun besar. Budidaya jambu kristal ini juga didukung oleh iklim dan cuaca beberapa daerah di  Indonesia. Semua ini tujuannya agar pertumbuhan tanaman jambu kristal bisa maksimal. Tanaman Jambu kristal tumbuh cocok di wilayah tropis. Dengan intensitas curah hujan antara 2.00 hingga 3.000 mm tiap tahun. Dengan ukuran suhu yang mencapai 20 derajat hingga 30 derajat celsius pada siang hari. Unsur Tanah yang mendukung pertumbuhan tanaman jambu kristal ini memiliki derajat keasaman 6-6.5 pH. Semua itu harus disertai dengan drainase yang baik. Sedangkan Ketinggian tempat pertumbhan jambu kristal yaitu 5 hingga 1000 meter diatas permukaan air laut.

Usaha Budidaya Jambu Biji Kristal lebih menghasilkan untung karena produktivitas jambu yang tinggi. Yang harus diingat jambu biji sebenarnya susah untuk bisa dijadikan perkebunan secara komersil. Karena produktivitas jambu biji yang rendah. Tumbuhan jambu non biji sulit menghasilkan buah lebat. Itu dikarenakan biji merupakan persediaan energi untuk buah agar tumbuh besar. Saat jambu tanpa biji berbuah mudah rontok. Tanaman Buah Jambu Biji Kristal sebenarnya tidak benar-benar tanpa biji. Tapi  tetap mempunyai biji akan tetapi jumlahnya sedikit kurang dari 3 persen bagian daging buah. Jadi saat sudah berbuah bisa kuat dan tidak mudah rontok dan menghasilkan buah lebat.

Budidaya Jambu Kristal Tabulampot

Budidaya Jambu Biji Kristal mirip dengan budidaya tanaman buah yang lainya. Cara Budidaya Jambu Biji Kristal tidak harus menggunakan lahan yang luas. Jika ingin budidaya Jambu Kristal, Anda dapat memanfaatkan sisa dari lahan yang ada disekitar pekarangan rumah. Atau dengan sistem tanaman buah dalam pot sudah bisa menerapkan budidaya Jambu Kristal. sebab tanaman tersebut tidak begitu membutuhkan perawatan yang intensif. Dengan metode tabulampot akan lebih mudah dan indah jika dipandang mata. Sedangkan untuk nilai ekonominya nilai penjualan lebih mahal saat sedang berbuah.

Selain itu Anda bisa mendapat hasil dari penjualan bibit yang dicangkok. Sebab dengan penanaman disekitar halaman rumah, mempermudah Anda membuat bibit dengan cangkok dengan harga Rp 35.000 sampai Rp. 50.000. Anda bisa mendapat untung berkali lipat dari hasil jual buah dan bibit. Pada waktu umur 7 bulan, buah sudah bisa dipanen tapi hasil belum begitu banyak. Pada tahun yang pertama tiap pohon dapat menghasilkan 50 kilo gram. Agar pertumbuhan tanaman baik dibutuhkan pupuk kandang atau pupuk kompos. lainnya pupuk buatan dari pabrik, dalam tiap hektar pupuk kandang sejumlah 2 ton. Untuk Anda yang hobby  tambulampot sangat cocok untuk mencoba budidaya jambu kristal dalam pot ini.

Syarat tumbuh Jambu Kristal

Untuk Budidaya jambu kristal ini sangat memerlukan kondisi iklim yang baik. Angin juga mendapat peran penting dalam penyerbukan bunga jambu. Ciri angin yang bagus untuk proses penyerbukan adalah angin yang berkuatan sedang. Bila angin terlalu kencang maka akan menjadikan bunga jambu kristal mengalami kerontokan. Tumbuhan jambu kristal termasuk dalam tanaman wilayah tropis. Namun bisa juga tumbuh pada wilayah dengan iklim sub tropis yang mempunyai intensitas curah hujan hingga 1000-2000 mm per tahun.

Suhu yang baik diperlukan tanaman jambu kristal agar dapat tumbuh, berbuah dan berkembang dengan optimal. Yaitu sekitar 23sampai 28°C untuk siang hari. Penyinaran matahari juga perlu diperhatikan. Sebab jika tanaman jambu kristal ini kurang akan sinar matahari akan membuat tanaman menjadi tidak sempurna dalam pertumbuhan atau bisa disebut kerdil. Pada sekeliling tanaman kelembaban udara harus rendah, sebab bila udara punya kelembaban yang cukup rendah, kondisi seperti ini sangat cocok untuk tumbuhnya tanaman jambu kristal.

Tahap Pemilihan bibit

Untuk langkah ini anda bisa menentukan sendiri, anda akan menggunakan bibit mana. Anda Bisa memakai bibit dari hasil stek dan cangkok, lalu bisa juga anda pakai bibit yang berasal dari biji buah langsung. Lebih baik anda pakai bibit hasil dari stek atau cangkok sebab jelas kualitas buahnya, lebih lagi anda tahu asal usul tanaman jambu kristal itu. Jika tidak ingin ribet mencangkok, saat ini sudah banyak orang yang menjual bibit hasil cangkokan.  jadi anda bisa membeli bibitnya langsung.

Media yang bisa kita pakai adalah drum bekas minyak yang dibelah menjadi dua. atau menggunakan pot yang sudah bisa langsung dipakai. Kemudian anda isikan dengan tanah yang dicampur sekam padi dan kotoran kambing. Untuk perbandingannya adalah 1 bagian sekam padi dan 1 bagian kotoran kambing, kemudian 1 bagian tanah. Isi pot tersebut dengan ketiga bahan diatas. Untuk kotoran kambing atau sapi  sebaiknya jangan anda gunakan yang masih basah. tujuannya agar tidak panas dan menyebabkan matinya tanaman. Bila Setelah seluruh bahan sudah siap, maka sekarang saatnya anda tanam bibit jambu kristal ke dalam pot yang siap. Untuk menanamnya mungkin anda semua sudah mengetahui langkah. Sebab menanam jambu kristal ini langkahnya sama dengan menanam tanaman buah lainnya.

Perawatan Jambu Kristal

Menanam jambu kristal harus disertai dengan perawatan yang baik pula. Jambu kristal yang sudah ditanam di dalam pot harus disiram dengan teratur. Agar tidak kering dan mati. Tanaman ini harus sering ditengok untuk memeriksa hama tanaman jambu yang menempel pada bunga atau pohonnya. Untuk menjaga agar  lahan tanaman jambu biji kristal tetap subur dan  stabil, maka  perlu diberikan pupuk dengan  berkala dan teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *