Berbagai Jenis Mortar dan Kegunaannya untuk Konstruksi

Semen mortar  atau semen instan merupakan terobosan yang membuat pembuatan hunian menjadi semakin mudah. Terlebih sekarang ini orang-orang lebih banyak memilih bata ringan dibanding bata berat, membuat permintaan semen  menjadi meningkat.

mortar semen

Tapi tahukah Anda jika semen instan ini memiliki beberapa jenis? Mortar sendiri memang menjadi pilihan tepat untuk dipakai dalam kontruksi, khususnya bangunan apartemen ataupun rumah. Setidaknya, ada 4 jenis mortar yang harus Anda tahu. Pertama adalah mortar untuk perekat bata ringan, mortar untuk acian, mortar untuk plesteran dinding dan pemasangan keramik. Di bawah ini, penjelasan lengkap dari macam-macam mortar tersebut:

Thinbed mortar/perekat bata ringan

Thinbed mortar mungkin agak asing di telinga, karena para pekerja bangunan sering menyebutkan lem hebel atau perekat bata ringan. Bisa dibilang jenis mortar ini memiliki kelebihan yang cukup signifikan dibanding semen konvensional. Hal ini karena saat menggunakan mortar ringan, pekerja hanya cukup mengoleskan secara tipis saja, tapi sudah bisa merekatkan bata ringan. Semen konvensial tentu berbeda. Pekerja harus menempelkan tebal-tebal supaya benar-benar merekatkan. 40kg semen mortal dapat digunakan untuk 10-14 meter per segi dinding rumah.

Plester Dinding

semen ini  pun sering digunakan sebagai plester dinding. Untuk mortar perekat memang hanya bisa digunakan pada bata ringan, alias tidak bisa digunakan untuk bata berat. Sementara untuk plester dinding dapat digunakan pada jenis bata apapun itu, mulai dari bata ringan, bata merah sampai batako. Penggunaan mortar pun terhitung lebihhemat karena hanya tinggal dicampur air. Soal kualitasnya pun tidak perlu diragukan kali. Tak hanya itu, untuk 1,5 – 3 meter persegi, cukup menghabiskan plester dinding 50 kg saja.

Acian Instan

Mortar yang satu ini telah dikhususkan dapat menghaluskan permukaan dinding. Keuntungannya adalah, jika Anda menggunakan mortar acian instan ini, maka dinding akan lebih cepat kering dan lebih padat sehingga tidak akan menyerap zat cat. Hal ini membuat warna dinding lebih terlihat dan sangat minim retak rambut. Adapun keuntungan lainnya, Anda tidak perlu melakukan plamir lagi, sehingga biaya yang dibutuhkan lebih hemat.

Pemasangan keramik

Bila kamu ingin memasang keramik untuk lantai atau mungkin di dinding, Anda bisa menggunakan  mortar yang dikhususkan untuk memasang keramik. Dengan menggunakan mortar jenis ini, Anda dapat meminimalisir rusaknya keramik yang seringkali lepas atau terangkat karena berbagai hal. Mortar ini menjamin hal itu tidak terjadi karena sudah diformulasikan lebih kuat sehingga dapat merekatkan keramik.

Itulah beberapa jenis mortar instan dan kegunaannya. Dengan informasi di atas, kini Anda sudah tahu jika mortar memiliki sejumlah jenis dengan fungsinya yang berbeda-beda. Mortar tersebut sudah dibuat sedemikian rupa sehingga berkualitas baik untuk menjalankan fungsinya. Namun, jangan sekali-kali kamu menggunakan mortar tidak sebagaimana fungsinya. Misalnya, semen mortar untuk perekat, malah digunakan untuk plester, atau sebaliknya. Jika Anda melakukan hal tersebut, maka hasil yang akan didapatkan pun tidak akan memuaskan.

Selain lebih praktis, mortar ini pun memiliki kualitas yang sangat baik. Hal ini karena, mortar tidak memilih bahan sembarangan dalam pencampurannya. Selain itu, dari segi harga pun, mortal instan ini terhitung lebih mahal dibandingkan dengan mortal biasa. Hal ini membuat Anda harus pandai-pandai mengatur biaya pembangunan sebuah hunian jika ingin menggunakan mortar instan ini. Akan tetapi, jika proyek tersebut berskala besar, mortar instan cenderung lebih murah dibanding mortar konvensional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *