Beragam Manfaat Jeruk Nipis

Jeruk nipis

Jual Bibit Jeruk Nipis. Adalah sejenis tumbuhan yang masuk keluarga jenis jeruk-jerukan,yang  tersebar merata di Asia Dan Amerika Tengah dan masyarakat indonesia mengenal juga dengan sebutan jeruk pecel. Pohon jeruk nipis dapat mencapai ketinggian hingga mencapai 3—7 meter, bercabang sangat banyak dan di penuhi dengan duri tajam, daun agak sedikit lonjong,tangkai daun bersayap sedikit lebih kecil.

Manfaat Jeruk Nipis

Ketika masa   tumbuh bunga akan muncul dari belahan ketiak daun dan bunga akan sedikit mengecil, berwarna putih dan  berbau harum.

Buah berbentuk cukup bulat sampai bulatanya memyerupai seperti telur, berwarna hijau sampai kuning dan kulit buah cenderung lebih tipis dan mengandung banyak asupan minyak atsiri. Daging bagian dalam buah berwarna putih kehijauan, sangat masam,dan  mengandung banyak vitamin C dan kandungan asam sitrat. Bulir Biji agak banyak, dengan bentuk yang mungill, bersifat sebagai poliembrioni. Di Indonesia tumbuhan jeruk nipis dapat tumbuh di kawasan dataran rendah sampai ketinggian hingga 1500 m dari atas permukaan laut.

Tumbuhan ini sebaiknya di tanam di tanah yang mengandung alkali, di tempat-tempat yang terkena sinar matahari  secara langsung. Cara Penanamannya pun bisa menggunakan metode biji, okulasi atau cangkok.

Buah jeruk nipis dapat  digunakan untuk membuat minuman dan dapat juga di campur dengan makanan sebagai contoh:soto yang tentunya akan membuat masakan menjadi harum dan wangi,sebagai alternatif  dapat pula di jadikan obat batuk dan juga sering di gunakan untuk menghilangkan karatan pada besi dan mencuci rambut.

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan

1. Meningkatkan imunitas

Banyak sekali dapat kita temui berbagai macam produk suplemen tubuh yang menggunakan vitamin C. Jeruk nipis sendiri merupakan buah dengan sumber alami dari vitamin C. Dengan rutin meminum air perasan jeruk nipis, tiap pagi hari maka  kandungan antioksidan berupa flavonoid dapat membantu meningkatkan imunitas di tubuh Anda, sehingga dalam kondisi apapun Anda akan tetap sehat bugar.

2. Menyeimbangkan pH

Keseimbangan asam dan basa dalam tubuh yang biasa dapat disebut dengan pH yaitu merupakan hal yang penting karena merupakan faktor penentu apakah Anda sehat atau sakit. Ketika kandungan dalam pH tidak seimbang maka Anda akan jatuh sakit. Jeruk nipis dengan rasa asam akan menyeimbangkan pH di tubuh Anda.

3. Mencegah kanker

Kandungan liminoid dalam jeruk nipis sangat berperan penting sebagai penangkal radikal bebas dalam tubuh sehingga dapat menurunkan riesiko sebagian jenis kanker seperti leukimia, kanker lambung, dan kanker usus besar.

4. Membantu mengurangi tekanan darah tinggi

Jeruk nipis juga kaya akan kalium yang bermanfaat untuk membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

5. Membantu mengobati asam urat

Asam sitrat pada jeruk nipis merupakan faktor penting yang berguna untuk melarutkan asam urat secara alami. Minumlah segelas jeruk nipis setiap pagi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *