Bayi 6 Bulan: Mulai Mengonsumsi Makanan Padat

Bayi 6 Bulan: Mulai Mengonsumsi Makanan Padat

Biasanya, beberapa dokter setuju kalau bayi 6 bln. telah siap dikenalkan dengan makanan padat jadi makanan pendamping ASI (MPASI). Pada umur 6 bln., system pencernaan bayi sudah siap membuat makanan pada distributor herbal

Bayi umur 6 bln. suka duduk bermain di lantai serta coba beragam tempat badan, dan lihat kondisi di sekitarnya. Dibanding bayi 5 bln., berat tubuh bayi 6 bln. telah makin bertambah. Bayi lelaki biasanya berbobot 6, 4-9, 7 kg dengan panjang sekitaran 63-71 cm. Sesaat, bayi wanita berbobot sekitaran 5, 8-9 kg dengan panjang 61, 5-70 cm.

Bayi 6 Bln., Alodokter

Kekuatan Motorik

Kaki bayi 6 bln. telah bisa menyokong beberapa berat badannya. Bantu dia untuk berdiri pada pangkuan Anda atau lantai dengan memegang ke-2 ketiak bayi. Kemampuan otot kaki serta lengan ini begitu bertindak untuk bagian setelah itu, yakni merangkak. Anda bisa menolong melatih kemampuan otot dengan meletakkan mainan di sekelilingnya buat dia jangkau.

Diluar itu, bayi 6 bln. biasanya telah dapat lakukan beberapa hal tersebut :

Suka menjatuhkan benda apapun ke lantai untuk memerhatikan bunyi yang juga akan diakibatkan.

Otot lengan serta lehernya yang telah kuat, buat bayi 6 bln. mulai bisa merangkak. Beberapa bayi awal mulanya merangkak ke belakang, setelah itu bisa merangkak ke depan. Tidaklah perlu cemas sepanjang dia tampak semangat mengeksplorasi sekelilingnya.

Dia dengan gampang bisa mengangkat benda dengan satu tangan serta mengubahkan ke tangan yang beda.

Bayi 6 bln. mulai tertarik pada detil atau benda-benda kecil. Pantau si Kecil waktu bermain, yakinkan dia tidak memasukkan benda-benda kecil itu kedalam mulutnya, untuk hindari tersedak.

Bisa menggulingkan tubuh ke depan serta ke belakang.

Karna bayi 6 bln. telah dapat bergerak ke mana-mana, pasti memerlukan pemantauan yang tambah baik. Sebisa-bisanya janganlah tinggalkan dia sendiri tanpa ada pengawasan.

Kekuatan Bicara

Biasanya bayi 6 bln. bisa berceloteh dengan memadukan konsonan serta vokal seperti ‘ba’, ‘ah, atau ‘ma’. Tetapi tidaklah perlu sangat cemas bila pada umur 6 bln. ini bayi belum juga suka berceloteh.

Kekuatan motorik serta pemahamannya pada bhs memanglah lebih cepat berkembang dibanding kekuatan bicara, tetapi dia telah bisa memakai bhs badan untuk berkomunikasi. Bayi 6 bln. dapat juga menunjuk suatu hal yang dikehendaki, menggeleng bila tidak sepakat, atau melambai pada orang yang lain, walau belum juga bisa menyebutkan apa yang dia maksud.

Membacakan dongeng pada bayi serta biarkan memerhatikan gambar-gambar menarik dalam buku juga akan buat kekuatan bahasanya berkembang tambah baik. Dia akan tumbuh jadi anak yang cinta pada buku. Si Kecil memanglah belum juga juga akan memerhatikan atau sabar dengarkan Anda membacakan narasi, tetapi dia juga akan suka memerhatikan warna serta gambar, walau cuma sebentar.

Diluar itu menyanyi dapat juga jadi fasilitas untuk tingkatkan kekuatannya berbahasa serta terasa. Bahkan juga, musik tanpa ada lirik juga bisa membawa faedah yang baik untuk perubahan otak bayi.

Kekuatan Sosial

Pada saat ini, kekuatan interaksinya juga akan alami perubahan seperti berikut :

Bila terlebih dulu dia masih tetap malas merespons atau takut pada hadirnya beberapa muka baru, di umur 6 bln. mungkin saja dia juga akan jadi lebih terbuka serta merespons senyuman dan ajakan orang yang lain untuk bercanda. Dia bisa saat itu juga akrab dengan orang yang menurut dia menarik.

Dia juga akan berupaya menarik perhatian Anda, baik dengan aksi yang mengasyikkan Anda ataupun yg tidak. Pada usianya saat ini, Anda telah dapat mulai mengajarkan yang mana aksi baik serta jelek.

Menangis saat ini tak akan jadi hanya satu langkah untuk tunjukkan ekspresi serta menarik perhatian orang yang lain. Dia telah dapat berteriak, memukul-mukul, menjatuhkan benda hingga menyebabkan kegaduhan, atau memakai banyak langkah yang lain.

Suka bermain dengan orangtua serta kerabat dekat.

Suka lihat bayangan sendiri pada cermin.

Bisa mengetahui muka orangtua serta kerabat yang seringkali ditemuinya. Demikian halnya bisa mengetahui muka orang asing.

Bisa merespons ekspresi yang dipertunjukkan orang yang lain.

Merespons saat namanya dimaksud serta merespons nada dengan bertemura juga.

Hal Beda yang Butuh Diperhatikan

Bayi 6 bln. mulai konsumsi makanan padat jadi MPASI, hingga tinja bayi Anda juga akan beralih warna serta jadi berbau. Beri semakin banyak buah serta sayuran bila tinjanya keras hingga bayi tidak sulit BAB. Makanan yang dipotong kecil-kecil atau finger food bisa jadi pilihan. Makanan ini dapat berbentuk kentang potong, pisang, keju, serta bahan makanan fresh beda yang bisa dia genggam serta dimasukkan ke mulut dengan gampang.

Makanan bayi instan atau paket memanglah praktis, tapi peluang memiliki kandungan garam atau gula berlebihan serta bahan pengawet. Tambah baik membuat sendiri makanan fresh dirumah, seperti buah-buahan serta sayur-sayuran. Yakinkan semuanya makanan dalam kondisi bersih, juga sudah di rebus atau dikukus sampai masak supaya makanan itu tidak keras serta bisa dengan gampang ditelan bayi yang giginya belum juga seutuhnya tumbuh.

Waktu melakukan aktivitas, bayi 6 bln. yang telah aktif bergerak memerlukan baju yang tambah nyaman, seperti bahan katun yang menyerap keringat, tidak ketat serta tidaklah terlalu longgar. Jauhi baju dengan tali, dasi, banyak kancing, serta sangat banyak detil beda yang bisa membahayakan.

Pada umur ini, Anda juga telah bisa mencermati apakah bayi menguasai memakai tangan kanan atau kiri. Walau sekian, kecenderungan ini baru juga akan betul-betul tampak sesudah dia berumur 2-3 th..

Tanyakan pada Dokter

Perubahan setiap bayi tidak sama hingga tidaklah perlu sangat cemas bila bayi Anda belum juga tunjukkan semuanya beberapa kekuatan seperti diatas. Meskipun demikian, sebaiknya untuk memeriksakan si Kecil ke dokter bila :

Tidak bisa menyokong kepalanya sendiri dengan tegak.

Tidak tampak bisa mengungkap kasih sayang pada orang dekatnya.

Tidak bisa duduk sendiri.

Tidak bisa mencapai obyek.

Tidak merespons senyuman orang yang lain atau nada di sekelilingnya.

Badannya tampak kaku serta ototnya kencang, atau demikian sebaliknya tampak lemas seperti boneka.

Tidak mengatakan kosakata apapun seperti ‘oh’ atau ‘ah’.

Tidak bisa menggulingkan badannya ke arah demikian sebaliknya.

Tidak bisa memasukkan benda ke mulutnya.

Bayi 6 bln. suka bermain, terlebih dengan semuanya benda yang bisa keluarkan bunyi. Benda apapun sesungguhnya bisa menarik perhatiannya, seperti nada air dari keran yang penuhi ember atau nada kaleng sisa yang dipukul. Bila Anda menginginkan beli mainan, yakinkan Anda beli mainan sesuai sama umur bayi.

Anda dapat juga sediakan teether atau mainan yang aman untuk digigit bayi 6 bln.. Janganlah lupa untuk meyakinkan kebersihan mainan itu dengan mencucinya setiap hari. Diluar itu Anda bisa memakai beragam type kain dengan bermacam permukaan, yang bisa jadi alas untuk tempatnya bermain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *