Awas, Anak Muda Juga Bisa Terkena Artritis

Radang sendi atau artritis sering kali dianggap sebagai penyakit orang tua. Padahal, faktanya tidaklah demikian. Sebuah penelitian tahun 2015 mengungkapkan bahwa dari 91 juta orang dewasa yang menderita artritis, hampir sepertiganya berusia 18 sampai 64 tahun.Vitamin Otak

Awas, Anak Muda Juga Bisa Terkena Artritis

Seperti dikutip dari WebMD, menurut Dr. David Felson, Profesor Kedokteran dari Universitas Boston, obesitas dan stres pada persendian yang dipicu oleh aktivitas fisik yang berat adalah dua hal yang memungkinkan terjadinya artritis pada pria dan wanita muda.

 Felson menyayangkan bahwa beberapa dokter sering kali melewatkan pemeriksaan sendi pada mereka yang masih muda. Dianggapnya masalah sendi tidak mungkin dialami oleh orang-orang usia produktif. Ia juga mengatakan bahwa menjaga berat badan dan berolahraga dengan aman adalah cara terbaik untuk mencegah artritis.

Untuk melihat perkembangan artritis, Felson dan rekannya, Dr. S. Reza Jafarzadeh, mengumpulkan data dari 33.600 partisipan pria dan wanita. Keduanya memperhitungkan tidak hanya orang-orang yang telah didiagnosis artritis, tetapi juga mereka yang melaporkan gejala sendi kronis yang berlangsung lebih dari tiga bulan.

Hasilnya, di antara mereka yang berusia di bawah 65 tahun, 19 persen pria dan 17 persen wanita melaporkan nyeri sendi meskipun mereka tidak didiagnosis artritis oleh dokter. Sementara itu, di antara mereka yang berusia di atas 65 tahun, hampir 16 persen pria dan 14 persen wanita, juga melaporkan nyeri sendi tanpa diagnosis dokter sebelumnya.

Gejala-gejala umum dari artritis adalah nyeri sendi (bahkan tanpa melakukan gerakan), kekakuan pada sendi, peradangan di dalam dan sekitar sendi, serta kemerahan pada kulit di sekitar sendi.

Artritis termasuk penyakit yang bersifat kronis atau jangka panjang. Penderitanya dapat mengalami pembengkakan dan kekakuan pada sendi sehingga membuat gerakan tubuh menjadi sulit dan menyakitkan. Jika tak segera ditangani, penyakit ini dapat menyebabkan kerusakan jaringan.

Apabila Anda merasa memiliki gejala-gejala yang mengarah pada artritis, jangan ragu untuk menghubungi dokter. Nantinya dokter akan melakukan pemeriksaan untuk mendiagnosis keluhan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *