Asal Mula Bentuk Kubah Masjid

Bentuk kubah masjid di belahan dunia berbeda-beda, bentuk kubah mengikuti adat dan arsitektur asli daerah tersebut. Misalnya kubah masjid di Cina, mereka memasukkan unsur arsitektur cina pada kubah mereka, kemudian Afrika Selatan, dengan bentuk kubah bulat rendah. Di Persia kubah berbentuk seperti bawang. Di India Kubah berbentuk agak bulat. Dan di Indonesia sendiri, bentuk kubah cenderung mengikuti gaya Arsitektur Timur Tengah, yaitu bulat separuh bola. Kehadiran kubah pada arsitektur Indonesia terbilang masih baru, sekitar abad ke-19 M. Bahkan di Jawa Kubah masjid baru muncul pada pertengahan adad ke- 20 M. dan jauh sebelumnya kubah masjid di pulau Jawa tidak menggunakan desain kubah pada umumnya, melainkan menggunakan desain kubah berarsitektur Jawa, seperti model arsitektur rumah joglo. Kubah bukan peninggalan arsitektur Rosulullah atau Islam, tetapi kubah adalah arsitektur yang telah melekat erat pada arsitektur Islam.

Bentuk Kubah masjid sendiri mempunyai beraneka ragam bentuk, mulai dari model kubah yang lama maupun model kubah yang bergaya modern, dapat diaplikasikan memakai kubah berbahan stainless ataupun kubah berbahan beton. Hal tersebut mempermudah kita dalam mengaplikasikan kubah dalam bentuk bangunan masjid. Ada banyak sekali jenis kubah masjid yang bergaya modern kini dirancang secara khusus dengan bahan-bahan khusus yang beraneka ragam. Yang digunakan untuk memperindah desain dari sebuah masjid. Bahkan ada beberapa kota yang menggunakan masjid sebagai lambing dari kota tersebut. Desain masjid yang indah membuat masyarakat menjadi kagum dan beramai ramai mendatangi masjid tersebut.

Biasanya bentuk kubah masjid berbentuk setengah lingkaran yang memiliki ujung yang khas. Selain digunakan sebagai material desain masjid. Kubah masjid biasanya digunakan sebagai petunjuk untuk masyarakat yang ingin beribadah. Karena bentuknya yang tinggi kubah masjid biasanya lebih terlihat dibandingkan dengan bangunan masjid. Sehingga memudahkan masyarakat untuk mengetahui tempat beribadah yang terdekat dari posisinya. Tentu dalam pembuatan kubah masjid harus menggunakan bahan yang berkualitas dan kokoh sehingga kubah masjid tidak mudah rusak maupun berubah warna. Biasanya juga nantinya interior masjid akan disesuaikan dengan motif kubah, jual karpet masjid memberikan pilihan untuk karpet masjid.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *