Apa Itu Penyakit Bell’s Palsy? Penyakit Lumpuh Sebagian Wajah

Apa Itu Penyakit Bell’s Palsy? Penyakit Lumpuh Sebagian Wajah

Beberapa waktu terakhir umum Indonesia cukup dikagetkan dengan berita Gubernur Definitif Banten yang alami kekakuan di separuh berwajah. Beliau menanggung derita penyakit bell’s palsy yang mengakibatkan mulutnya terlihat miring serta membuatnya sedikit susah bicara toko herbal

Apakah itu bell’s palsy? Bell’s palsy yaitu nama penyakit saraf yang menyebabkan kelumpuhan atau kekurangan otot-otot di satu diantara bagian muka. Rusaknya pada saraf muka yang mengontrol otot-otot di satu bagian muka lah yang mengakibatkan separuh muka terlihat terkulai.

Rusaknya saraf juga mungkin saja merubah indera perasa serta sistem pembuatan air mata dan air liur. Keadaan ini berlangsung mendadak, sering dalam semalam, serta umumnya jadi tambah baik dengan sendirinya dalam sebagian minggu.

Bell’s palsy tidaklah akibatnya karena serangan stroke. Walau stroke memanglah dapat mengakibatkan kelumpuhan muka, namun tak ada hubungan pada bell’s palsy dengan serangan stroke type apa pun. Walau demikian kelumpuhan apa pun yang berlangsung di separuh muka butuh selekasnya dicek oleh dokter untuk meyakinkan apa penyebabnya sebenarnya.

Apa Penyebabnya Penyakit Bell’s Palsy?

Penyebabnya penyakit bell’s palsy dipercaya terkait dengan virus herpes yang mengakibatkan herpes labialis. Pada beberapa besar masalah bell’s palsy, saraf yang mengatur otot samping muka alami rusaknya karena peradangan. Banyak problem kesehatan bisa mengakibatkan kekurangan atau kelumpuhan di muka. Bila tak ada argumen khusus kenapa berlangsung kelumpuhan muka, jadi baru keadaan itu dipandang jadi bell’s palsy.

Bagaimana Langkahnya Menyembuhkan Bell’s Palsy?

Beberapa besar pasien bell’s palsy dapat sembuh seperti yang lalu tanpa ada perawatan kurun waktu 1-2 bln.. Hal semacam ini terutama untuk mereka yang masih tetap mampu menggerakkan separuh berwajah. Tetapi beberapa kecil pasien bisa alami kelumpuhan permanen atau problem beda yang merubah separuh berwajah.

Oleh karenanya mereka mungkin saja memerlukan perawatan medis dengan obat-obatan kortikosteroid untuk menolong memulihkan saraf-saraf penggerak otot muka.

Perawatan Diri untuk Memulihkan Bell’s Palsy

Berolahraga muka. Seraya saraf muka mulai dapat digerakkan kembali, kerjakan beberapa berolahraga kecil—misalnya menegangkan serta melemaskan otot-otot muka. Hal itu bisa memperkuat otot-otot muka serta percepat pemulihan. Pijat-pijatlah dahi, pipi, serta bibir memakai minyak atau cream kulit.

Perawatan mata. Bila Anda tidak dapat berkedip atau tutup mata seutuhnya, mata dapat jadi kering. Mata kering dapat menyebabkan masalah pandangan yang serius. Karena itu jagalah mata Anda dengan memakai jari untuk membuka-tutup kelopak, meneteskan obat tetes mata untuk melindungi kelembapannya, dan memakai penutup mata waktu tidur atau kacamata selama seharian.

Perawatan mulut. Bell’s palsy dapat kurangi produksi air liur hingga mulut jadi kering serta sering buat makanan tersangkut. Makanan yang membusuk di mulut bisa mengakibatkan penyakit gusi atau pembusukan gigi. Hindari hal semacam ini dengan teratur menyikat gigi serta kunyah makanan hingga betul-betul lumat sebelumnya ditelan. Konsumsi makanan yang lembut, seperti yogurt, dapat juga menolong.

Jika Anda alami kekurangan mendadak pada satu diantara bagian muka hingga terlihat terkulai, cepatlah periksakan diri ke dokter. Dokter bisa menolong Anda memastikan langkah paling baik untuk percepat sistem pemulihan penyakit bell’s palsy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *