8 Tips Diet untuk Endometriosis

8 Tips Diet untuk Endometriosis

Tahukah Anda kalau endometriosis adalah masalah terjadinya jaringan endometrium diluar rongga rahim? Endometrium sendiri yaitu sel dari susunan dinding dalam rongga rahim yang nanti juga akan mengembang serta menaruh komponen darah di waktu masa subur hn

Susunan ini juga akan luruh bersamaan dengan datangnya masa menstruasi serta tergantikan oleh susunan baru di masa subur selanjutnya. Tetapi susunan ini juga akan bertahan didalam rahim apabila berlangsung pembuahan.

Bila berlangsung pembuahan jadi susunan dinding yang menebal ini juga akan jadi tempat perlekatan untuk janin untuk hidup sepanjang masa pertumbuhannya didalam rahim. Darah yang tersimpan pada susunan endometrium juga akan jadi penyalur nutrsi untuk perubahan janin.

Pada masalah endometriosis, susunan endometrium tidak tumbuh pada dinding rongga rahim seperti harusnya. Tetapi di bagian beda sekitaran rahim, termasuk juga pada ovarium, jaringan otot penyangga rahim, susunan luar dinding rahim serta bebrapa sisi beda diluar rahim, termasuk juga usus.

Problemnya, walau tidak berkembang pada rahim, jaringan ini tetaplah juga akan alami masa-masa penyimpanan darah serta peluruhan seperti yang berlangsung pada rahim. Ini mengakibatkan terjadinya pengendapan susunan endometrium yang pada akhirnya mengakibatkan dampak nyeri, sumbatan serta jaringan parut yang mengganggu.

Resikonya dari perubahan jaringan endometrium tidak normal ini dapat begitu bermacam. Tergantung pada ukuran serta tempat letak jaringan endometrium yg tidak normal ini berkembang.

Pasien dapat alami masalah kesuburan apabila perubahan endometrium yg tidak normal ini berlangsung pada ruang dekat ovarium atau tuba falopii. Masalah beda yang seringkali berlangsung adalah timbulnya perlekatan dinding rahim, kista serta kanker pada ovarium serta rahim.

Walau penyebabnya endometriosis belum juga seutuhnya dipahami, beberapa segi diprediksikan kuat mempunyai peran besar dalam tingkatkan resiko endometriosis serta jadi memperburuk keadaan endometriosis yang telah dihadapi.

Sebagian keadaan seperti kandungan estrogen yang sangat tinggi, alur haid yg tidak lancar, segi alur makan serta sebagian segi internal termasuk juga genetik serta dampak oksidasi dari radikal bebas dalam rahim dipandang jadi penyebabnya paling utama masalah endometriosis.

Serta menurut sumber healthline. com, alur makan mempunyai peranan penting pada resiko perubahan endometriosis. Alur makan yang seimbang bukan sekedar dapat turunkan resiko endometriosis, tetapi kurangi intensitas perkembangan sel endometrium yg tidak normal serta kurangi resiko resikonya dari endometriosis.

Apa sajakah diet yang disebutkan bisa menolong pasien endometriosis maupun mereka yang mempunyai kecenderungan tinggi untuk menderita endometriosis?

Penuhi Menu Anda dengan Sayuran, Buah serta Sereal

Sayuran, buah serta sereal di ketahui memiliki kandungan serat tinggi, vitamin, mineral serta beberapa fitokimia berguna yang juga akan bertindak menolong pasien endometriosis.

Penelitian yang dilaporkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition th. 2009 menerangkan kalau mereka dengan alur diet kaya serat serta mempunyai peranan pencernaan yang lancar relatif mempunyai keseimbangan hormon sex yang sehat. Ini karna pencernaan yang lancar menolong buang keunggulan hormon sex dari pada badan.

Komponen fitokimia akan bekerja jadi anti-oksidan. Sesaat anti-oksidan dapat dibuktikan juga akan menolong menghindar inflamasi, turunkan intensitas pembentukan sel tidak normal serta menolong menangani oksidasi sel dalam rahim sebagai satu diantara penyebab endometriosis.

Namun pastikanlah untuk bersihkan sisa-sisa pestisida pada sayuran serta buah. Karna dalam penelitian beda memerlihatkan kalau sisa pestisida bisa tingkatkan kandungan estrogen dalam rahim. Sesaat estrogen yang tinggi ikut menyebabkan endometriosis.

Kaya asam lemak omega 3

Asam lemak omega 3 ada didalam type ikan-ikanan laut termasuk juga ; ikan salmon, tuna, kembung serta beda sebagainya. Anda dapat juga temukan komponen asam lemak omega 3 ini pada beberapa type kacang-kacangan seperti almond serta kenari, juga pada sebagian type biji-bijian seperti pada biji flax serta biji chia.

Untuk pasien endometriosis, faedah asam lemak omega 3 cukup tinggi. karna asam lemak omega 3 juga akan bekerja jadi anti inflamasi. Tidak cuma itu, rupanya mereka yang konsumsi konsumsi asam lemak omega 3 semakin banyak dibanding dengan asam lemak omega 6 memerlihatkan resiko yang lebih rendah untuk menderita endometriosis sampai 22%.

Hal itu diterangkan dalam Reproductive Biomedicine On-line th. 2013. Dalam penjelasan yang sama saja diterangkan kalau asam lemak omega 3 mempunyai kekuatan menghalangi ketahanan sel endometriosis yg tidak normal.

Jauhi Makanan Kaya Lemak Jenuh

Semua type makanan yang kaya lemak jemu pada intinya memanglah tidak direferensikan untuk Anda mengkonsumsi. Karna dampak negatif yang mungkin saja Anda alami semakin lebih berat dibanding dengan faedah yang dapat Anda peroleh.

Serta lemak jemu juga berikan dampak jelek pada masalah endometriosis. Wanita yang umum konsumsi lemak jemu serta mempunyai kandungan cholesterol LDL dalam darah yang tinggi mempunyai resiko endometriosis lebih tinggi 48%. Sekian menurut Human Reproductive Journal of Oxford th. 2010.

Kurangi kopi serta alhokol

Dalam beberapa sumber disebutkan kalau kopi serta alkohol mempunyai korelasi cukup positif pada produksi estrogen pada badan. Pandangan ini diperkuat dengan keterangan Journal Fertililty seta Sterility th. 2001.

Dalam jurnal itu diterangkan ada dampak cafein serta alkohol pada kenaikan kandungan protein sebagai penghantar estrogen menuju semua badan. Makin baik badan menghantarkan estrogen makin tinggi peluang produksi untuk ditingkatkan.

Wala beberapa pakar tidak semuanya setuju kalau ini bisa dengan segera menyebabkan endometriosis, namun beberapa laporan memberikan tingginya jumlah wanita pengidap endometriosis yang mempunyai alur mengkonsumsi cafein atau alkohol tinggi.

Jauhi Makanan Siap Saji

Lepas dari pengaruhnya pada pasien endometriosis, kita memanglah tidak dianjurkan untuk seringkali konsumsi makanan cepat saji. Tingginya kandungan cholesterol, natrium serta komponen adiktif beda yang dimasukan memiiki dampak negatif yang pasti telah dipahami luas oleh umumnya orang.

Diterangkan dalam Harvard Health Publishing kalau ada kolerasi positif pada hipertensi, cholesterol tinggi dengan resiko endometriosis. Bahkan juga keluar sangkaan kuat juga akan ada kolerasi endometriosis dengan kesehatan jantung.

Terakhir juga di ketahui umumnya product cepat saji yang digoreng dengan minyak sayur kaya komponen asam lemak omega 6. Apabila tidak disertai dengan konsumsi asam lemak omega 3 malah juga akan mengakibatkan dorongan pembentukan inflamasi.

Jauhi Daging Merah

Pada intinya daging merah yaitu satu diantara sumber protein yang perlu untuk badan. Walau demikian, komponen cholesterol serta lemak jemu yang ikut terdapat dalam daging merah mempunyai dampak inflamasi.

Pasien endometriosis diinginkan bisa turunkan tiap-tiap potensi serta resiko inflamasi. Diluar itu ada juga juga pandangan medis yang menyebutkan kalau lemak dari daging merah mendorong produksi estrogen pada badan.

Mereka dengan alur makan padat daging merah mempunyai resiko relatif lebih tinggi alami endometriosis yang jelek. Seperti diterangkan dalam Reproductive Biomedicine On-line 2013.

Cobalah Diet Bebas Gluten

Sampai kini umumnya orang cuma berasumsi hidup bebas gluten cuma dibutuhkan untuk pasien celiac serta mempunyai problem dengan system saraf seperti pada masalah autisme. Namun mereka dengan endometriosis terakhir juga memperoleh perlakuan yang sama.

Diketemukan ada faedah diet rendah gluten untuk pasien endometriosis. Hal itu dibuktikan dalam satu penelitian yang diselenggarakan oleh Department of Gynecology and Obsterics, Tor Vergata University, Rome, Italy th. 2012.

Penelitian itu melibatkan 207 wanita pengidap endometriosis memberikan 75% dari semua peserta penelitian alami penurunan rasa nyeri pada saat haid serta memberikan penurunan intensitas perubahan endometrium tidak normal sesudah 12 bln. hidup bebas gluten.

Janganlah Jauhi Kedelai Sama Sekali

Dalam umumnya rujukan memanglah diterangkan kalau kedelai memiliki kandungan isoflavon yang berperan jadi fitoestrogen. Fitoestrogen ini jadi seperti input estrogen penambahan pada badan yang bekerja mirip estrogen murni dari pada badan.

Dampak fitoestrogen pada endometriosis tetap dalam perbincangan. Beberapa penelitian yang berkembang belum juga memberikan dampak yang kuat pada endometriosis, sejauh alur mengkonsumsi yg tidak terlalu berlebih.

Malah berkembang beberapa penelitian baru manfaat lihat ada komponen peurarin dalam fitoestrogen yang bekerja memblokir resikonya dari estrogen badan. Sesaat kemampuan fitoestrogen jadi pengganti estrogen relatif lebih lemah.

Dalam taraf terbatas, konsumsi kedelai relatif aman, bahkan juga menolong mengatur resikonya estrogen, termasuk juga mengatur perubahan endometriosis.

Tersebut beberapa diet yang dapat Anda kerjakan untuk menolong turunkan resiko endometriosis serta kurangi perubahan sel endometrium tidak normal ini pada badan wanita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *